Suporter Borussia Dortmund. (PATRIK STOLLARZ / AFP)
Suporter Borussia Dortmund. (PATRIK STOLLARZ / AFP)

Bundesliga Musim Depan Berpotensi Dihadiri Suporter

Olahraga liga jerman
Kautsar Halim • 06 Agustus 2020 22:48
Muenchen: Rencana operator Bundesliga untuk memperbolehkan penggemar menonton di stadion mendapat respons positif dari klub pesertanya. Besar kemungkinan, regulasi ini bisa diberlakukan saat musim 2020--2021 dimulai pada 18 September mendatang.
 
Berdasarkan rencana yang diusulkan Federasi Sepak Bola Jerman (DFL) kepada operator Bundesliga, terdapat empat poin yang disetujui para klub pesertanya. Pertama, hanya suporter klub tuan rumah yang akan diizinkan datang.
 
Kemudian, para suporter cuma diperbolehkan duduk selama pertandingan dan dilarang mengonsumsi alkohol di stadion. Selain itu, pembelian tiket akan didata, sehingga riwayat perjalanan suporter bisa diketahui.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Prioritas di Jerman saat ini bukanlah stadion yang penuh, melainkan kesehatan masyarakat,” kata CEO DFL, Christian Seifert, seperti dikutip AFP, Kamis (6/8/2020).
 
Seifert menjelaskan, pihaknya belum bisa memutuskan jumlah penggemar yang diizinkan masuk dan kapan tepatnya penonton bisa kembali ke stadion. Rencana itu, masih harus disetujui oleh pemerintah lokal dan menteri kesehatan dari 16 negara bagian di Jerman. Pembahasan seputar itu akan dirapatkan pada Senin 10 Agustus mendatang.
 
Rencana Bundesliga untuk membuka stadion bagi penggemar telah memunculkan perdebatan di antara kalangan politisi dan ahli virologi di Jerman. Selain itu, beberapa kelompok penggemar dari klub juga ikut mengkritik rencana tersebut.
 
Bundesliga menegaskan setiap perubahan yang terjadi nanti hanya akan bersifat sementara atau tergantung progres penyelesaian pandemi. Namun saat ini, pemerintah Jerman masih melarang semua kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumuman besar hingga 31 Oktober. (ANT)

 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif