Logo Juventus. (Marco BERTORELLO / AFP)
Logo Juventus. (Marco BERTORELLO / AFP)

Juventus Kena Pengurangan 15 Poin karena Pelanggaran Transfer Pemain

Kautsar Halim • 21 Januari 2023 12:58
Jakarta: Juventus kena hukum pengurangan 15 poin di klasemen sementara Serie A Italia 2022--2023 oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC). Itu terjadi karena investigasi FIGC menunjukkan bahwa Bianconeri telah melakukan pelanggaran dalam transfer pemain di masa lalu.
 
Seperti dikutip dari Sports Mole, Pengadilan Banding Federal telah menanggapi permintaan FIGC untuk membuka kembali proses investigasi terhadap Juventus yang sudah 36 kali menjuarai Serie A. Kemudian, terdapat temuan baru yang membuktikan Juve bersalah.
 
Sanksi yang diberikan kepada Juve sejatinya lebih besar ketimbang pengurangan sembilan poin yang awalnya diminta jaksa selama sidang pada Jumat 20 Januari lalu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akibat pengurangan tersebut, Juventus yang tadinya berada di urutan tiga klasemen sementara dan terpaut 10 poin dari Napoli yang bertengger di puncak harus terima turun ke posisi 10 dengan koleksi 22 poin.
 
Kemudian, Juve juga berpotensi gagal tampil di kompetisi Eropa pada musim depan karena mereka berjarak 12 poin dari posisi enam besar.
 

Selain itu, FIGC juga menghukum mantan direktur teknis Juventus Andrea Agnelli dan mantan ketua eksekutif Maurizio Arrivabene dengan larangan beraktivitas di berbagai kegiatan sepak bola selama dua tahun. Lalu, terdapat mantan wakil direktur teknis Juventus Pavel Nedved yang kena sanksi serupa selama delapan bulan. 
 
Mantan direktur olahraga Juventus Fabio Paratici yang kini menjadi direktur pelaksana Tottenham Hotspur juga tak luput dari sanksi larangan beraktivitas dalam lingkungan sepak bola selama 30 bulan. Sanksi tersebut mencakup dalam aktivitas di UEFA maupun FIFA.
 
Sejatinya, seluruh dewan direksi Juventus telah mengundurkan diri pada akhir November tahun lalu setelah polisi melakukan investigasi dalam transaksi transfer klub. Namun, kubu Bianconeri membantah melakukan kesalahan dan bakal mengajukan banding ke Komite Olimpiade Italia (CONI).
 
Kabar pengurangan poin karena pelanggarang di bursa transfer ini muncul setelah 17 tahun lalu Juventus terlibat skandal 'Calciopoli' yang membuat mereka turun kasta ke Serie B dan kehilangan dua gelar Serie A, yakni pada musim 2004--2005 dan 2005--2006.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif