Zlatan Ibrahimovic (Foto: AFP/Isabella Bonotto)
Zlatan Ibrahimovic (Foto: AFP/Isabella Bonotto)

Lima Pemain yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milan

Olahraga ac milan juventus liga italia coppa italia
Patrick Pinaria • 12 Juni 2020 19:44
Jakarta: Kompetisi sepak bola Italia musim 2019--2020 dipastikan berlanjut. Laga antara Juventus kontra AC Milan pada leg kedua semifinal Coppa Italia 2019--2020 menjadi penanda kelanjutan kompetisi setelah sempat vakum selama tiga bulan akibat pandemi korona.
 
Juventus dipastikan menjadi tuan rumah pada leg kedua tersebut. Mereka akan meladeni Milan di Stadion Allianz pada Sabtu 13 Juni pukul 02:00 WIB.
 
Laga diprediksi akan berjalan sengit. Mengingat, kedua tim akan ngotot mengincar kemenangan karena sama-sama memiliki kans untuk lolos ke final.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juventus boleh dikatakan punya tugas sedikit lebih mudah pada leg kedua ini. Sebab, mereka diuntungkan dengan gol tandang ketika menahan imbang Milan dengan skor 1-1 di leg pertama, Februari. Berbekal gol tandang itu, Juventus hanya butuh meraih hasil imbang tanpa gol untuk lolos ke final.
 
Adapun Milan punya tugas cukup berat. Mengingat, I Rossoneri butuh meraih kemenangan atau pun meraih hasil imbang dengan minimal skor 2-2 untuk lolos ke babak final.
 
Misi tersebut rasanya sulit diraih Milan. Terutama jika melihat rekor lima pertandingan terakhir I Rossoneri di kandang Juventus. Dari total pertandingan tersebut, Milan selalu mengakhiri laga dengan kekalahan.
 
Terlepas dari pertarungan nanti, Juventus dan Milan ternyata punya 'hubungan' cukup harmonis. Buktinya, kedua tim terbiasa untuk saling 'bertukar' pemain kendati memiliki rivalitas kuat di atas lapangan.
 
Mau tahu siapa saja pemain-pemain yang pernah berseragam Juventus dan Milan? Berikut di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:
 
1. Roberto Baggio
 
Lima Pemain yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milan
(AC Milan)

 
Roberto Baggio merupakan legenda Italia. Ia merupakan pemain pada era 1990.
 
Sepanjang karier, Baggio telah membela klub-klub raksasa di Liga Serie-A Italia. Juventus menjadi tim besar pertama yang dibela Baggio.
 
Baggio bergabung dengan Juventus pada 1990 setelah tampil impresif bersama Fiorentina. Bersama La Vecchia Signora, Baggio sukses memberikan kontribusi apik dengan menyumbang 115 gol dari 200 penampilannya di seluruh kompetisi.
 
Tak hanya gol, Baggio juga membantu Juventus meraih tiga gelar. Di antaranya adalah satu gelar Liga Serie-A, satu gelar Coppa Italia, dan satu gelar UEFA Cup (dikenal Liga Europa saat ini).
 
Musim 1994--1995 menjadi musim terakhir Baggio bersama Juventus. Posisinya sudah mulai tergusur seiring kedatangan Alessandro Del Piero. Hingga akhirnya, Baggio memutuskan pindah ke AC Milan.
 
Baggio sukses menjalani musim perdana bersama Milan, yakni pada musim 1995--1996. Bagaimana tidak. Ia mampu menyumbang 10 gol dan 10 assist untuk Milan pada periode itu. Kontribusinya itu juga membuahkan scudetto untuk Milan saat itu.
 
Namun, nasib Baggio mendadak berubah ketika menjalani musim kedua di Milan. Ia jarang mendapat kesempatan bermain sebagai starter.
 
Hubungannya dengan pelatih Milan Arrigo Sacchi dikabarkan menjadi penyebabnya. Ia kerap memprotes sang pelatih karena jarang mendapatkan kesempatan bermain starter. Hingga akhirnya, Baggio memutuskan pindah ke Bologna pada 1997.
 
2. Andrea Pirlo
Andrea Pirlo merupakan salah satu pemain yang pernah memperkuat AC Milan dan Juventus. Namun, ia memperkuat Milan terlebih dulu.
 
Pirlo direkrut Milan pada bursa transfer musim panas 2001. Bersama I Rossoneri, ia sukses tampil impresif dengan membuat 401 penampilan di seluruh kompetisi selama sepuluh musim.
 
Sembilan gelar juga berhasil diraih Pirlo bersama Milan. Di antaranya adalah dua gelar Liga Serie-A Italia, satu gelar Coppa Italia, satu gelar Piala Super Italia, dua gelar Liga Champions, dua gelar Piala Super Eropa, dan satu gelar Piala Dunia Antarklub.
 
Lima Pemain yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milan
(AFP/Oliver Lang)
 
Pirlo kemudian memutuskan pindah ke Juventus pada 2011. Putusan yang cukup mengejutkan karena gelandang asal Italia tersebut sudah memberikan banyak kontribusi untuk Milan.
 
Adapun kedatangan Pirlo menjadi keuntungan buat Juventus. Bukan apa-apa. Ia berhasil memberikan kontribusi apik untuk La Vecchia Signora dengan mencatatkan 164 penampilan di seluruh kompetisi selama empat musim.
 
Pirlo juga sukses membantu Juventus meraih tujuh gelar. Di antaranya adalah empat gelar Liga Serie-A Italia, satu gelar Coppa Italia, dan dua gelar Piala Super Italia.
 
3. Leonardo Bonucci
Leonardo Bonucci juga menjadi salah satu pemain yang pernah memperkuat Juventus dan Milan. Namun, kariernya lebih lama di Juventus ketimbang di Milan.
 
Bonucci mulai berseragam Juventus pada 2010. Ia pun sukses menunjukkan penampilan impresif di I Bianconeri selama tujuh musim. Buktinya, ia mampu membantu Juventus meraih 12 gelar.
 
Lima Pemain yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milan
(AFP/Marco Bertorello)
 
Pada bursa transfer musim panas 2017, Bonucci membuat keputusan mengejutkan. Ia memutuskan pindah ke Milan saat itu setelah tampil oke bersama Juventus.
 
Meski demikian, kebersamaan Bonucci dengan Milan tak berlangsung lama. Bek asal Italia itu hanya memperkuat Milan selama satu musim (2017--2018). Dalam periode tersebut, ia membuat 51 penampilan dan gagal memberikan prestasi untuk Milan.
 
Hingga akhirnya, Bonucci kembali bergabung dengan Juventus pada bursa transfer musim panas 2018. Ia pun berhasil membantu Juventus meraih dua gelar pada periode keduanya di I Bianconeri.
 
4. Zlatan Ibrahimovic
 
Lima Pemain yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milan
(AFP/Paco Serinelli)
 
Ibrahimovic bisa dikatakan sebagai pemain kutu loncat di Italia. Mengingat, ia pernah memperkuat tiga klub besar Liga Serie-A. Dua di antaranya adalah Juventus dan AC Milan.
 
Juventus menjadi klub besar pertama dibela Ibrahimovic di Italia. Ia diboyong Juventus dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas 2004.
 
Kebersamaan Ibrahimovic dengan Juventus berlangsung dua musim. Dalam periode itu, ia berhasil membawa I Bianconeri meraih dua scudetto sebelum bergabung dengan Inter Milan pada 2006.
 
Empat musim pun berlalu sejak Ibra meninggalkan Juventus. Ibrahimovic yang sudah sempat melanglang buana ke Inter Milan dan Barcelona akhirnya bergabung dengan Milan.
 
Ibrahimovic tampil impresif bersama Milan. Selama dua musim berseragam I Rossoneri, ia menyumbang 56 gol dan meraih dua gelar seperti Liga Serie-A Italia dan Piala Super Italia.
 
Setelah itu, Ibrahimovic mencoba peruntungan berkarier di luar Italia. Setidaknya tiga klub berasal dari negara berbeda diperkuat striker asal Swedia itu, yakni Paris Saint-Germain, Manchester United, dan LA Galaxy.
 
Toh, kecintaan Ibrahimovic terhadap sepak bola Italia begitu kental. Meski sudah berpetualang di tiga negara berbeda, ia memutuskan untuk kembali ke Liga Serie-A Italia pada bursa transfer Januari 2020. Lagi-lagi, ia memutuskan membela Milan.
 
5. Gonzalo Higuain
 
Lima Pemain yang Pernah Berseragam Juventus dan AC Milan
(AFP/Marco Bertorello)

 
Gonzalo Higuain menjadi salah satu pemain yang berpengalaman di Italia. Sama seperti Ibrahimovic, ia sudah memperkuat tiga klub Liga Serie-A Italia. Bahkan, ia pernah berseragam di dua klub yang memiliki rivalitas kuat seperti Juventus dan Milan.
 
Higuan sudah berseragam Juventus selama tiga musim. Dalam periode itu, ia membuat 63 gol dari 138 penampilan di seluruh kompetisi. Kontribusinya itu juga membuahkan empat gelar untuk Juventus.
 
Sementara itu, Higuain sempat berseragam Milan selama setengah musim, yakni pada paruh pertama musim 2018--2019. Saat itu, ia hanya membuat delapan gol dari 22 penampilannya di seluruh kompetisi.
 

Video:UEFA Siapkan Format Baru Liga Champions
 

 
(ASM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif