Selebrasi para pemain AC Milan sebagai juara Serie A Italia 2021--2022. (Tiziana FABI / AFP)
Selebrasi para pemain AC Milan sebagai juara Serie A Italia 2021--2022. (Tiziana FABI / AFP)

Lumat Sassuolo, AC Milan Juara Serie A Italia 2021--2022

Kautsar Halim • 23 Mei 2022 07:13
Jakarta: AC Milan memastikan diri sebagai juara Serie A Italia 2021--2022 setelah mengalahkan Sassuolo 3-0 pada giornata terakhir di Stadion MAPEI, Minggu 22 Mei malam WIB. Ini merupakan Scudetto ke-19 bagi Rossoneri yang terakhir kali mereka dapatkan pada musim 2010--2011. 
 
Tambahan tiga poin membuat Milan mengakhiri musim dengan berada puncak klasemen sambil mengoleksi 86 poin dari 38 laga yang telah dilakoni. Inter Milan sebagai pesaing terdekat dipastikan gagal mengejarnya meski sukses menaklukkan Sampdoria dengan skor 3-0 pada waktu bersamaan.
 
Milan langsung tampil menyerang meski sebetulnya cuma butuh satu poin untuk mengunci gelar juara. Olivier Giroud memberikan ancaman ke gawang Sassuolo, tetapi masih bisa digagalkan kiper Andrea Consigli.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rafael Leao nyaris membobol gawang Sasuolo pada menit ke-7. Dalam posisi bebas, bola tembakannya dengan cepat diblok lawan.
 
Milan kembali punya peluang emas beberapa menit kemudian lewat sundulan Fikayo Tomori yang mampu diblok lawan dalam skema sepak pojok. Alexis Saelemaekers juga membuang peluang untuk Milan pada menit ke-10 karena bola tembakan jarak dekatnya masih bisa dibendung kiper Andrea Consigli.
 
Milan berhasil memecah kebuntuan tujuh menit berselang. Sebuah umpan silang Leao sukses disambar Giroud yang membuat bola meluncur melewat bek lawan dan sela-sela kaki kiper. Tim tamu memimpin 1-0.
 
Pada menit ke-23, kemelut terjadi di mulut gawang Sassuolo setelah bola tembakan Saelemaekers ditepis kiper. Bola liar kemudian disambar pemain Milan, tetapi Consigli masih bisa menghalaunya.
 
Milan memperbesar keunggulan menjadi 2-0 setelah Giroud menyelesaikan umpan Rafael Leao yang merebut bola dari kaki bek lawan di kotak penalti pada menit ke-32. Berselang empat menit kemudian, Leao kembali memberi assist untuk gol ketiga Rossoneri yang dicetak Franck Kessie.
 
Setelah unggul 3-0 hingga turun minum, Milan bermain lebih rileks pada 10 menit babak kedua. Di sisi lain, Sassuolo memiliki dua peluang yang tetap saja tidak berbuah gol. 
 
Rossoneri sejatinya sempat mencetak gol keempat pada menit ke-78 lewat sundulan Zlatan Ibrahimovic. Namun, gol itu dianulir oleh VAR karena berbau offside. Skor 3-0 akhirnya bertahan hingga peluit panjang berbunyi dan Milan sukses memastikan gelar juara. (ANT)

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif