Stefano Pioli (Foto: AFP/Miguel Medina)
Stefano Pioli (Foto: AFP/Miguel Medina)

Ubah Peruntungan, Pioli Siapkan 2 Formasi Baru untuk Milan

Olahraga AC Milan liga italia
Patrick Pinaria • 23 Februari 2021 20:18
Milan: AC Milan terus menuai hasil minor. Teranyar, I Rossoneri harus menelan kekalahan dari rival sekota, Inter Milan dengan skor telak 0-3 pada giornata ke-23 Liga Serie-A Italia 2020--2021, Minggu 21 Februari.
 
Kekalahan dari Inter menambah catatan buruk Milan dalam tiga pertandingan terakhir di seluruh ajang. Dari total pertandingan itu, mereka belum pernah meraih kemenangan.
 
Makin terasa pahit karena kekalahan dari Inter juga membuat Milan harus tertinggal lebih jauh dalam perburuan scudetto. Milan yang menghuni posisi dua, saat ini terpaut empat poin dari Inter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelatih Milan Stefano Pioli tampaknya mulai panik melihat rapor buruk timnya. Ia pun berencana untuk menyiapkan formasi baru untuk Il Diavolo.
 
Selama ini, Pioli diketahui kerap memainkan skema 4-2-3-1 sebagai formasi andalannya. Namun, setelah tiga laga terakhir nir-kemenangan, eks pelatih Lazio itu mulai berpikir untuk mengganti strategi. 
 
"Mari kita lihat nanti. Semuanya memungkinkan. Mulai besok kami akan membuat penilaian dengan memikirkan yang terbaik untuk tim," ujar Pioli ketika ditanya terkait kemungkinan perubahan formasi.
 
Entah perubahan formasi apa yang sudah direncanakan Pioli. Namun, menurut laporan media Italia, Calciomercato, Pioli kemungkinan punya dua alternatif formasi baru untuk diterapkan di Milan, yakni 4-4-2 dan 4-3-3.
 
Formasi 4-4-2 sejatinya sudah pernah diterapkan Pioli ketika mendatangkan Zlatan Ibrahimovic pada musim 2019--2020. Tepatnya pada bursa transfer Januari 2020. 
 
Dengan formasi itu, Pioli menempatkan Ibrahimovic bersama Rafael Leao sebagai ujung tombak Milan. Putusan itu pun cukup jitu. Setidaknya, I Rossoneri sukses meraih 13 kemenangan dari 21 pertandingan di Liga Italia. Hasil itu pun membawa Milan finis di posisi keenam klasemen.
 
Namun, butuh pertimbangan kuat untuk menggunakan formasi 4-4-2. Mengingat, formasi tersebut akan menyulitkan buat Hakan Calhanoglu dan Brahim Diaz yang berposisi sebagai gelandang serang alias trequartista.
 
Sementara itu, penggunaan formasi 4-3-3 bisa menjadi pilihan yang cukup tepat. Menurut Calciomercato, formasi 4-3-3 memiliki kesamaan dengan gaya bermain 4-2-3-1. 
 
Hanya saja, dibutuhkan pemain-pemain sayap yang lebih bernaluri menyerang agar formasi 4-3-3 berjalan dengan efektif, layaknya formasi Spezia saat menghadapi Milan pada dua pekan lalu. Pada laga itu, Spezia sukses mengalahkan Milan dengan skor 2-0. (Sempre Milan)
 
(ACF)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif