Selebrasi para pemain Liverpool usai membobol gawang Manchester United (Foto: Antara/Reuters/Phil Noble)
Selebrasi para pemain Liverpool usai membobol gawang Manchester United (Foto: Antara/Reuters/Phil Noble)

5 Fakta Menarik Liverpool Remukkan Manchester United di Anfield

Olahraga liga inggris Liverpool FC Manchester United
Patrick Pinaria • 20 April 2022 14:59
Jakarta: Liverpool tampil perkasa saat menjamu Manchester United pada lanjutan Liga Primer Inggris 2021/2022, Rabu, 20 April 2022. Tanpa ampun, The Reds meremukkan United dengan skor telak 4-0.
 
Kemenangan ini membuat Liverpool berhasil mengudeta Manchester City di klasemen Liga Inggris sementara. Saat ini, tim besutan Juergen Klopp berada di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 76 poin alias unggul dua poin dari City.
 
Hasil positif tersebut sekaligus mempertegas dominasi Liverpool atas United di Liga Inggris dalam tiga musim terakhir. Dari delapan pertemuan, Liverpool belum terkalahkan dari Red Devils. Rinciannya adalah lima kemenangan dan tiga hasil imbang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bantai MU Empat Gol, Liverpool Puncaki Liga Inggris 
 
Sementara itu, kekalahan dari Liverpool membuat United tertahan di posisi keenam klasemen sementara dengan mengoleksi 54 poin. Tim asuhan Ralf Rangnick tersebut semakin kesulitan bersaing merebut posisi empat besar. 
 
Selain catatan di atas, masih ada fakta-fakta menarik lainnya seputar kemenangan Liverpool atas United. Berikut ini di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:

1. Liverpool jadi tim paling rajin membobol United

United menjadi lumbung gol buat Liverpool. Bukan apa-apa. Saat ini, Red Devils sudah dibobol Liverpool sebanyak 74 kali di Liga Inggris. Belum ada tim di Liga Inggris yang bisa membobol United sebanyak itu selain Liverpool.

2. Salah samai prestasi Oezil 

Keberhasilan mencetak gol dan assist pada laga ini menjadi torehan istimewa buat bintang Liverpool Mohamed Salah. Dengan torehan tersebut, ia menjadi pemain kedua yang mampu mencetak gol dan assist saat menghadapi United di Liga Inggris dalam semusim (kandang dan tandang). 
 
Sebelumnya, Salah juga sukses mencetak gol dan assist saat bertandang ke markas United dalam pertemuan pertama di Liga Inggris musim ini pada 24 Oktober 2021. Pada laga tersebut, winger asal Mesir tersebut sukses mencetak 3 gol dan 1 assist.
 
Adapun torehan gol dan assist ke gawang United dalam semusim sudah diciptakan pertama kali oleh Mesut Oezil. Gelandang asal Jerman tersebut sukses menorehkan catatan tersebut ketika memperkuat Arsenal pada musim 2015/2016. 

3. Salah buat rekor gol ke gawang United

Salah menjadi pemain satu-satunya yang mencetak lima gol ke gawang United dalam semusim di Liga Primer Inggris.

4. United derita kekalahan terberat di Liga Inggris

United tercatat kebobolan sembilan gol dari Liverpool di Liga Inggris pada musim ini. Sebelum kalah 0-4 pada laga ini, Red Devils dihantam Liverpool dengan skor 0-5 pada pertemuan pertama mereka pada 24 Oktober 2021.
 
Sebuah catatan yang pahit bagi United. Sebab, ini menjadi salah satu kekalahan terberat yang dialami mereka saat menghadapi satu tim dalam dua pertemuan di Liga Inggris.
 
Terakhir kali, United menderita kekalahan dengan skor besar dalam dua pertemuan di Liga Inggris ketika menghadapi Sunderland pada musim 1892/1893. Pada periode tersebut, United kalah dari Sunderland dengan total skor 0-11  

5. Catatan impresif Thiago dan Van Dijk

Dua pemain Liverpool, Thiago dan Virgil van Dijk menorehkan catatan impresif pada laga ini. Tercatat, keduanya mencatatkan 100 operan sepanjang pertandingan. Thiago melepaskan 105 operan, sedangkan Van Dijk menorehkan 106 operan.
 
Catatan ini cukup istimewa buat kedua pemain tersebut. Sebab, mereka menjadi dua di antara empat pemain yang mampu mencatatkan 100 operan saat menghadap United di Liga Inggris pada musim ini.
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif