Bentuk dukungan para suporter Manchester City. (Oli SCARFF / AFP)
Bentuk dukungan para suporter Manchester City. (Oli SCARFF / AFP)

Menang Dramatis atas Villa, Manchester City Juara Liga Primer Inggris 2021--2022

Kautsar Halim • 23 Mei 2022 00:37
Jakarta: Manchester City memastikan diri sebagai juara Liga Primer Inggris 2021--2022. Prestasi tersebut mereka raih setelah menang dramatis atas Aston Villa dengan skor 3-2 pada laga pekan terakhir di Stadion Etihad, Minggu 22 Mei malam WIB.
 
Dikatakan dramatis karena City yang tampil lebih agresif dan punya peluang lebih banyak sempat tertinggal dua gol lebih dulu dari tim tamu. Namun, pergantian pemain yang dilakukan pelatih Pep Guardiola pada babak kedua membuat The Citizens bisa membalikkan keadaan.
 
Villa berhasil mencuri keunggulan melalui sundulan Matty Cash yang menyambut umpan silang Lucas Digne dalam sebuah situasi serangan balik pada menit ke-37. Setelah itu, skor 1-0 untuk anak-anak asuh Steven Gerrard tidak berubah hingga turun minum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Memasuki babak kedua, City berupaya menambah daya gedor serangan dengan memasukkan Oleksandr Zinchenko (menit ke-46), Raheem Sterling (menit ke-56) dan Ilkay Guendogan (menit ke-68). Namun, perubahan strategi ini tidak langsung berjalan dengan baik.
 
Menginjak menit ke-69, City malah kebobolan lagi oleh Phillipe Coutinho yang menerima operan sundulan Ollie Watkins dan menggocek salah satu bek lawan sebelum akhirnya menyarangkan bola ke dalam gawang dengan tendangan datar.
 
Terlecut dengan ketertinggalan 0-2, City baru tampil makin agresif hingga akhirnya mulai mencetak gol balasan melalui Guendogan yang menerima assist Sterling pada menit ke-76. Kesuksesan memecah kebuntuan ini berhasil meningkatkan kepercayaan diri para pemain City untuk mengejar ketertinggalan.
 
Hanya menunggu dua menit setelah gol Guendogan, City sudah menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui gol Rodri yang melancarkan tendangan datar setelah menerima operan Zinchenko. Lalu pada menit ke-81, City sukses membalikkan keadaan lewat gol Guendogan yang menyambut assist Kevin De Bruyne di dekat tiang gawang.
 
Tidak banyak yang bisa dilakukan Villa ketika berbalik tertinggal pada waktu yang tersisa. Terlebih, mereka sudah mengganti Coutinho dengan Marvelous Nakamba untuk menjaga keunggulan sejak menit ke-72. Dengan begitu, City pun keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.
 
Hasil pertandingan ini membuat City berada di puncak klasemen akhir Liga Primer Inggris 2021--2022 dengan koleksi 93 poin. Liverpool sebagai pesaing terdekatnya dipastikan finis di posisi dua dengan jarak satu poin, meski mampu menaklukkan Wolverhampton Wanderers dengan skor 3-1 pada waktu yang sama.
 
Susunan Pemain
 
Manchester City: Ederson, Cancelo, Laporte, Stones, Fernandinho (Zinchenko 46'), De Bruyne, Bernardo Silva (Guendogan 68'), Rodri, Foden, Mahrez (Sterling 56'), Gabriel Jesus.
 
Aston Villa: Olsen, Digne, Chambers, Mings, Coutinho (Nakamba 72'), McGinn, Buendia, Cash, Douglas Luiz, Ramsey (Ings 83'), Watkins.
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif