Mason Greenwood. (Foto: AFP/Dave Thompson)
Mason Greenwood. (Foto: AFP/Dave Thompson)

15 Fakta Menarik Striker Manchester United Mason Greenwood

Olahraga liga inggris
Alfa Mandalika • 10 Juli 2020 14:16
Jakarta: Manchester United memiliki striker muda potensial yang bernama Mason Greenwood. Berkat kerja kerasnya sejak di akademi muda United, Greenwood kerap dipilih Ole Gunnar Solskjaer untuk menjadi juru gedor Setan Merah.
 
Greenwood bergabung dengan Manchester United sejak berusia enam tahun bersama akademi muda. Setelah itu, ia bergabung dengan skuat United U-18 untuk musim 2017 -- 2018.
 
Pada 2018, Greenwood mengikuti perjalanan tim utama dalam tur pramusim mereka di Amerika Serikat. Tepat pada 20 Juli, dia melakukan debut non-kompetitif sebagai pemain pengganti pada menit 76 menggantikan Luke Shaw. Greenwood juga tampil tiga hari kemudian menghadapi San Jose Earthquakes. Hingga akhirnya, 2 Oktober 2018, Greenwood meneken kontrak profesional pertamanya dengan United.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kini, Greenwood kian melesat bersama Manchester United. Terakhir, dia juga menyumbangkan satu gol saat mengalahkan Aston Villa dini hari tadi.
 
Berikut ini 15 fakta menarik Mason Greenwood yang sudah dirangkum medcom.id:

1. Ditemukan tidak sengaja

Mason Greenwood dilahirkan di kota Bradford atau sekitar 62 kilometer dari kota Manchester. Diketahui, Greenwood memulai karier sebagai pesepak bola di klub kecil bernama d'Idle Juniors.
 
Ketika seorang pencari bakat Manchester United datang untuk mengamati salah satu rekan setim Greenwood, justru sang pencari bakat terpesona dengan permainan Greenwood kecil. Lalu tanpa pikir panjang, Greenwood direkrut ke Manchester.

2. Jadi Tajuk Utama Surat Kabar di Usia 6 tahun

Greenwood pernah memborong 16 gol saat membela d'Idle Juniors membantai lawannya 16-1. Hebatnya lagi, saat itu usianya baru 6 tahun..!! Tidak ayal, Greenwood langsung menjadi sorotan media dan tampil di halaman depan surat kabar. Bahkan, narasi media tersebut mengatakan dengan kualitas pemain seperti itu, dia akan menjadi pemain yang besar.

3. Adik perempuan yang berprofesi sebagai atlet

Keluarga Greenwood tidak jauh dari dunia olahraga. Memang, saudara laki-laki, Andrew, bukanlah seorang atlet. Namun, adik perempuannya yang bernama Ashton berprofesi sebagai atlet atletik. Ashton belum menembus level tertinggi, tapi dia sempat mencatatkan prestasi di nomor 100 meter putri U13.

4. Setia dengan Manchester United

Sejak 2007, atau usianya baru enam tahun, Greenwood sudah berada di Manchester untuk mengasah bakat bermain sepak bolanya. Dia sempat tampil di U-7 dan naik tangga dengan cepat ke U-14, U-15, U-16, U-23, cadangan, dan tim A. Kini, Greenwood juga sedang menjalani jenjang yang sama di Timnas Inggris.

5. Mencetak 16 gol

Greenwood menorehkan catatan apik pada usia 16 tahun. Dia sudah mencetak 16 gol. Semua gol ia lakukan dalam 17 pertandingan Liga Primer Inggris U-18. Dia dinobatkan sebagai top skorer di kategori usia tersebut dan melakukan empat assist. Setahun kemudian, ia mencetak 26 gol dalam 30 pertandingan.

6. Masuk sejarah

Rekor Federico Macheda sebagai pemain termuda United yang mencetak gol ternoda usai Greenwood mencetak gol melawan Everton pada 15 Desember 2019. Gol tersebut sekaligus mencatatkan dirinya sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Old Trafford.

7. Diramal jadi pemain masa depan yang hebat

Performa Greenwood sudah dipantau sejak lama. Tepatnya pada 2017, Channel Match of the day Magazine menyebut Greenwood sebagai pemain hebat pada masa depan bersama Takefusa Kubo. Namun, seiring berjalannya waktu, tampaknya Greenwood lebih cemerlang dibandingkan Kubo yang dipinjamkan Real Madrid ke Mallorca.
 

8. Mengidolakan Robin van Persie

Bukan hal baru jika mendengar Greenwood mengidolakan Robin van Persie. Meski sang idola lebih lama bermain untuk Arsenal, tetapi Persie tetap membekas di hati Greenwood.

9. Pemain yang pandai

Rekan setim Greenwood, Jesse Lingard menyebut bahwa Greenwood adalah pemain yang pandai.
 
"Dia tahu cara bermain sepak bola, dia menembak dengan kedua kaki kiri dan kanan. Masih sampai hari ini, saya tidak kaki mana yang paling kuat. Dia mampu mencetak tendangan bebas dari kiri dan mengambil sudut kanan.

10. Kejadian unik di Paris

Greenwood melakukan debutnya di Liga Champions saat Manchester United menghadapi Paris Saint Germain di Parc des Princes musim 2018 -- 2019. Dia masuk pada menit 87 menggantikan Ashley Young. Namun, setelah merayakan gol Marcus Rashford, terlihat jersey yang digunakan Greenwood sedikit berbeda pada bentuk name-set, serta nomor punggungnya. Jika dilihat lebih seksama, dalam sablon nomor punggung Greenwood, ada logo PSG di dalamnya.
 
Sontak, kejadian itu viral di sosial media. Banyak yang beranggapan bahwa United tidak siap dalam mempersiapkan kebutuhan tim. Terutama dalam menyiapkan kostum untuk Greenwood (jersey yang dipakainya belum ada sablonan nama atau nomor punggung).

11. Gol debut sensasional Greenwood

Greenwood melakukan gol debut di pentas Liga Europa. Dia sempat mengecoh pemain Astana lalu melepaskan bola dengan mulus ke gawang lawan.

12. Lebih baik dari Wayne Rooney

Manajer Ole Gunnar Solskjaer menyebut Greenwood lebih baik ketimbang Wayne Rooney.
 
"Saya sudah bermain dengan Wayne Rooney. Tetapi untuk hasil akhir yang alami, saya jarang melihat yang lebih baik. Ini adalah kelas yang berbeda," kata Solskjaer menyinggung performa Greenwood.
 
"Semakin dekat dia ke gawang, semakin dia berbahaya. Kaki kanan, kaki kiri, itu adalah mimpi buruk bagi seorang bek," kata Solskjaer.

13. Lebih baik dari Angel Di Maria, Falcao, dan Alexis Sanchez

Manchester United pernah diperkuat nama-nama seperti Angel Di Maria, Radamel Falcao, hingga Alexis Sanchez. Namun, performa mereka tidak terlalu mentereng. Bahkan, dalam satu musim, Falcao mencetak 4 gol, Angel Di Maria juga 4 gol. Begitu juga Sanchez. Dengan kata lain, torehan mereka masih kalah dengan Greenwood yang menciptakan 16 gol sepanjang musim ini di semua kompetisi.

14. Persahabatan dengan Angel Gomes

Sesama jebolan akademi muda United, Greenwood memiliki teman seperjuangan yakni Angel Gomes. Namun, Gomes tidak mendapatkan perpanjangan kontrak sehingga dia meninggalkan United pada 30 Juni. Namun, Greenwood tetap mememberikan penghormatan yang kuat kepadanya.

15. Harapan besar kepada Greenwood

Manchester United berharap banyak kepada Greenwood. Bahkan, banyak tokoh-tokoh sepak bola Inggris yang memprediksi Greenwood bakal bersinar.
 
"Dia bisa menjadi apa pun yang dia inginkan" (Gary Neville)
 
"Saya ingat berbicara dengan Nicky Butt sekitar delapan bulan lalu dan dia mengatakan bahwa Mason Greenwood adalah pemain muda terbaik yang pernah dia lihat di Manchester" (Jamie Redknapp)
 

(ASM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif