Cristiano Ronaldo. (MARCO BERTORELLO / AFP)
Cristiano Ronaldo. (MARCO BERTORELLO / AFP)

Kutukan Nomor Punggung 7 Cristiano Ronaldo

Olahraga soccertainment cristiano ronaldo manchester united
Kautsar Halim • 06 Agustus 2020 06:06
Jakarta: 11 tahun berlalu semenjak Real Madrid menghebohkan bursa transfer dengan membeli Cristiano Ronaldo seharga 94 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun. Tapi, transaksi dengan Manchester United itu tidak sia-sia.
 
Ronaldo akhirnya bisa merasakan masa keemasan dalam sembilan tahun berkarier bersama Madrid. Terhitung ada 15 trofi yang dipersembahkan, dan dirinya pun mampu menjadi pesaing terkuat Lionel Messi sebagai pemain terbaik dunia.
 
Dibalik kesuksesan tersebut, MU malah belum menemukan pengganti CR7 hingga kini. Data ESPN menyebutkan, sudah ada lima pemain yang mengenakan nomor punggung 7 milik Ronaldo, tapi tidak ada satupun yang subur di Liga Primer Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyerang legendaris Inggris Michael Owen pernah mengenakan nomor punggung 7 sebanyak 31 laga di MU, tapi dia hanya mampu menyumbang lima gol. Antonio Valencia, Angel di Maria, Memphis Depay dan Alexis Sanchez juga sama. Mereka bahkan lebih jarang mencetak gol ketimbang Owen.
 
Berikut data lengkapnya:
 
- Michael Owen: 31 laga, 5 gol
- Antonio Valencia: 30 laga, 1 gol
- Angel di Maria: 27 laga, 2 gol
- Memphis Depay: 33 laga, 4 gol
- Alexis Sanchez: 32 laga, 3 gol
 
Sejak 2018, Ronaldo sudah hengkang dari Madrid untuk bergabung dengan Juventus dan konsisten mengenakan nomor 7. Tapi dia masih saja subur dengan mencetak 31 gol dari 33 laga Serie A dan bahkan berada di urutan kedua pencetak gol terbanyak musim ini.
 
Lalu bagaimana dengan nasib Eden Hazard selaku suksesor nomor punggung 7 di Madrid? Jawabannya bisa dibilang lebih buruk ketimbang para pewaris dari MU. Dia sering cedera pada musim ini hingga akhirnya hanya mencetak 1 gol dalam 16 laga La Liga.
 
Mungkin sulit untuk membuktikan sihir apa yang digunakan Ronaldo untuk mengutuk nomor punggung 7.Namun yang pasti, tidak ada pemain MU yang mengenakan nomor itu pada musim 2019--2020 karena Alexis Sanchez dipinjamkan ke Inter Milan.
 
Kemudian, pencapaian MU malah meningkat ketika tidak diperkuat Sanchez dan memutuskan merekrut Bruno Fernandes. Jika tahun lalu finis keenam, musim ini Setan Merah selesai di urutan tiga Liga Primer Inggris yang artinya bisa kembali berlaga di Liga Champions.
 
Sanchez pun jadi sedikit lebih tajam ketika bersama Inter yang belum pernah dibela Ronaldo. Tetap mengenakan nomor punggung 7, dia mampu mengumpulkan empat gol dalam 29 pertandingan dan Nerazzurri finis sebagai runner up Serie A musim ini.
 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif