Takumi Minamino. (Foto: AFP/Daniel Leal-Olivas)
Takumi Minamino. (Foto: AFP/Daniel Leal-Olivas)

4 Pemain Asia yang Mencicipi Juara Liga Inggris

Olahraga liga inggris liverpool
Alfa Mandalika • 30 Juni 2020 11:00
Jakarta: Liverpool dipastikan menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2019 -- 2020. Poin yang dikumpulkan The Reds tidak mungkin lagi dikejar oleh Manchester City yang berada di peringkat kedua.
 
Keberhasilan Liverpool meraih juara Liga Inggris tidak lepas dari tangan dingin Juergen Klopp. Juru taktik asal Jerman itu membuktikan bahwa dengan kerja keras dan determinasi tinggi, skuatnya akan meraih prestasi.
 
Selain peran Klopp, dipastikan peran pemain juga sangat krusial. Performa anak-anak The Anfield Gank cukup konsisten sehingga raihan poin di tabel klasemen sangat signifikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari antara pemain yang ada di skuat Liverpool, terdapat pesepak bola asal Jepang, Takumi Minamino. Ya, Klopp terkesan dengan penampilannya saat memperkuat RB Salzburg. Alhasil, dia akhirnya berhasil diboyong pada akhir tahun lalu.
 
Minamino tercatat menambah daftar pemain dari Asia yang meraih gelar juara Liga Inggris. Sebelumnya, ada tiga nama yang berhasil menjuarai Liga Inggris. Medcom.id sudah merangkumnya untuk Anda:

1. Takumi Minamino (Liverpool - Jepang)

Minamino diboyong Liverpool dari RB Salzburg pada 19 Desember 2019. Dilaporkan, The Reds harus merogoh kocek mencapai 7,25 juta poundsterling (Rp132 miliar).
 
Beragam alasan yang membuat Klopp memilih Minamino. Selain performanya oke di atas lapangan, Klopp ingin merambah suporter dari Jepang.
 
"Takumi (Minamino) sangat cepat, sangat pintar dan bisa mencari ruang di antara garis. Dia tampil berani saat memegang bola maupun tidak. Dia melakukan yang terbaik untuk pemain lain juga," ujar Klopp.
 
"Saya yakin suporter Liverpool bakal menerimanya di kota serta klub ini. Saya juga sangat yakin perekrutannya bisa menambah keluarga LFC di Jepang," lanjut Klopp.
 
Total, Minamino sudah melakukan lima caps di Liverpool. Debut striker 25 tahun itu saat menghadapi Everton pada 5 Januari. Meski begitu, Minamino tercatat sudah menyumbangkan gelar juara Liga Inggris yang terakhir diraih 30 tahun lalu.

2. Shinji Okazaki (Leicester City - Jepang)

Permata dari Jepang lainnya yang bersinar di Liga Inggris ialah gelandang serang Shinji Okazaki. Pesepak bola yang kini memperkuat klub Spanyol, Huesca, mencatatkan tinta emas bersama Leicester City empat tahun lalu.
 
Ya, Leicester yang kala itu tidak difavoritkan menjelma menjadi kekuatan baru. Mereka terus merangsek ke papan atas hingga akhirnya mengunci gelar juara musim 2015 -- 2016. Pada klasemen akhir, Leicester unggul 10 poin dari pesaing terdekat, Arsenal.
4 Pemain Asia yang Mencicipi Juara Liga Inggris
Shinji Okazaki saat memegang trofi Liga Inggris. (Foto: AFP/Adrian Dennis)
 
Dari daftar pemain yang membawa Leicester juara, terdapat pemain asal Jepang, Shinji Okazaki. Dia diboyong pelatih Claudio Ranieri dari Mainz pada 2015.
 
Pilihan Ranieri pun tepat. Okazaki menjadi pemain penting. Dia mendapatkan kepercayaan tampil 28 kali sebagai starting eleven dari 36 laga bersama Leicester. Dia juga turut menyumbangkan lima gol untuk The Foxes.

3. Shinji Kagawa (Manchester United - Jepang)

Nama Shinji Kagawa melesat ketika membela Borussia Dortmund di Bundesliga. Tampil selama dua musim di sana, Kagawa mempersembahkan dua gelar Bundesliga (2010 dan 2011) dan DFB Pokal.
 
Alhasil, manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson langsung merekrutnya pada Juni 2012. Kagawa akhirnya membantu United meraih gelar Liga Inggris pada musim 2012 -- 2013 setelah tampil 20 pertandingan dan mencetak enam gol.
4 Pemain Asia yang Mencicipi Juara Liga Inggris
Shinji Kagawa merayakan gelar juara Liga Inggris. (Foto: AFP/Andrew Yates)
 
Pada musim tersebut, menandakan juga pamitnya Sir Alex Ferguson dari kancah sepak bola.
 
Setelah menjuarai Liga Inggris pada musim pertama, Kagawa kurang mendapatkan tempat pada dua musim selanjutnya. Akhirnya, Kagawa memutuskan kembali ke Dortmund pada 2014.


4. Park Ji Sung (Manchester United - Korea Selatan)

Pesepak bola asal Asia yang paling bersinar di Liga Inggris ialah Park Ji Sung. Gelandang asal Korea Selatan itu mencatatkan banyak prestasi kala berseragam Setan Merah.
 
Di Liga Inggris, Park membantu United meraih empat gelar pada musim 2006 -- 2007, 2007 -- 2008, 2008 -- 2009, dan 2010 -- 2011.
 

 
Bahkan, Park berhasil menjuarai Liga Champions Eropa pada 2007 -- 2008. Dia juga tercatat sebagai pemain Asia pertama yang tampil di final Liga Champions Eropa.
 
Total, Park menorehkan 134 pertandingan dan menciptakan 19 gol.
 
Video: Kisah Perjuangan Liverpool Raih Juara
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif