Logo Newcastle United. (Ian MacNicol / AFP)
Logo Newcastle United. (Ian MacNicol / AFP)

Konsorsium Arab Saudi Batal Beli Newcastle United

Olahraga liga inggris
Kautsar Halim • 31 Juli 2020 01:05
Jakarta: Konsorsium Arab Saudi dipastikan batal mengakuisisi Newcastle United. Keputusan itu mereka ambil karena karena situasi global yang tidak mendukung.
 
Konsorsium yang dimaksud terdiri dari perusahaan pengelola dana kekayaan Arab Saudi PIF, PCP Capital Partners dan Reuben Brothers. Sebelumnya, mereka sempat menawarkan dana sebesar 300 juta poundsterling kepada pemilik Newcastle, Mike Ashley.
 
"Dengan apresiasi mendalam kepada komunitas Newcastle dan signifikansi klub sepak bolanya, kami telah mengambil keputusan untuk menarik minat untuk membeli Newcastle United Football Club," demikian pernyataan konsorsium.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Keputusan ini kami ambil dengan rasa menyesal karena sempat tertarik ingin berkomitmen penuh untuk ikut mengembalikan klub ke posisi yang layak dalam sejarah secara tradisi maupun berdasarkan para penggemarnya," tambah pernyataan itu.
 
"Sayangnya, proses yang berkepanjangan ditambah kondisi ketidakpastian global membuat investasi berpotensi ini menjadi tidak layak secara komersial," lanjut pernyataan itu.
 
Salah satu kendala akuisisi adalah adanya kasus Arab Saudi yang menyiarkan Liga Primer Inggris tanpa izin. World Trade Organization (WTO) bahkan menyebut Arab Saudi telah melanggar peraturan global terkait hak-hak kekayaan intelektual atas penyiaran tayangan olahraga dan film.
 
Selain itu, negara-negara Eropa dan Amerika Serikat juga menganggap Arab Saudi sering melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). (ANT)
 


 

(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif