Sumber Twitter BRI Liga 1
Sumber Twitter BRI Liga 1

Liga 1 Indonesia 2021--2022

Bhayangkara Comeback atas Persebaya, Kambuaya Kartu Merah

rizkiyanuardi • 18 Januari 2022 23:10
Denpasar: Laga bigmatch pekan ke-20 Liga 1 Indonesia antara Bhayangkara FC versus Persebaya Surabaya di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa 18 Januari 2022 malam, berakhir dramatis untuk kemenangan Bhayangkara FC dengan skor akhir 2-1.
 
Persebaya unggul lebih dulu berkat gol Taisei Marukawa pada babak pertama menit 45+2. Comeback Bhayangkara terjadi di 20 menit terakhir. Gol Platje dan N'Douassel menjadi pembeda. Laga juga diwarnai kartu merah yang dterima Ricky Kambuaya di masa injury time babak kedua.
 
Raihan poin penuh membuat Bhayangkara FC sukses menggusur Arema dari puncak klasemen sementara Liga 1. Sementara, Persebaya yang juga berpeluang memuncaki klasemen jika menang, harus puas berada di posisi empat klasemen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejak peluit kickoff ditiup wasit Sigit Budiyanto, kedua tim langsung tancap gas. Bermain dengan skema 4-3-3, kedua tim silih berganti melakukan penyerangan.
 
Pada detik ke 43, Samsul Arif sudah dapat prluang lewat sundulan kepala hasil umpan Bruno. Bebas berdiri di mulut gawang
 
Bhayangkara FC yang dikawan Awan Setho, bola sundulan Samsul masih menyamping di sisi kanan tiang gawang. Semenit berselang, Samsul kembali mendapat peluang hanya saja tembakannya bisa dijinakkan Awan Setho.
 
Bhayangkara merespons pada menit 6 lewat T Ichsan. Hanya saja tendangannya menerima umpan tarik Marvin Platje masih melenceng di sisi kanan gawang Persebaya yang dikawal Andhika.
 
Setelah Ezechiel Aliadjim N'Douassel mendapat peluang pada menit 14, Bhayangkara selanjutnya mendapat kans mencetak gol lewat Hansamu Yama dua menit berselang. Kembali gagal, karena bola masih melambung di atas mistar Andhika.
 
Douassel kembali mendapat peluang menit 18. Pergerakan tanpa bolanya di kotak penalti Surabaya, menghasilkan sebuah tembakan kaki kiri yang masih bisa dihalau kaki Andhika. Sengit, laga kedua tim papan atas Liga 1 ini.
 
Bajul Ijo, julukan Persebaya kembali membalas lewat Samsul pada menit 20. Namun tendangan kerasnya masih bisa ditepis Awan Setho dan hanya menghasilkan sepak pojok. Semenit kemudian, giliran Bruno melepaskan tembakan keras. Kedisiplinan lini pertahanan Bhayangkara FC bisa memblok tendangan Bruno.
 
Silih berganti kedua tim melakukan jual beli serangan di sisa waktu babak pertama. Hingga pada akhirnya di menit 45+2, Marukawa menjadi pembeda setelah aksinya berhasil menjebol gawang Awan Setho.
 
Sepakan kerasnya dari jarak dekat masih bisa disentuh tangan Awan Setho, namun bola terlalu keras hingga menembus gawang Bhayangkara. Skor 0-1 untuk keungggulan Bajul Ijo bertahan hingga jeda.
 
Babak kedua, Paul Muntser sepertinya menginstruksikan pemain Bhayangkara FC lebih agresif menyerang. N'Douassel menjadi target sebagai pencetak gol untuk menyamakan kedudukan.
 
Namun, hingga 10 menit laga babak kedua berjalan, belum ada serangan dari kedua tim yang menghasilkan gol tambahan, atau pun gol penyama kedudukan.
 
Upaya Bhayangkara lewat N'Douassel senpat tersentuh tangan bek Arif Satria. Hanya beuntung, wasit tak melihat kejadian pada menit 57 tersebut.
 
Bajul Ijo nyaris menambah keunggulan lewat tendangan Aji di menit 58, Berawal dari aksi Marukawa dari sisi kanan pertahanan Bhayangkara, umpannya masih bisa dihalau Rizki Ridho.
 
Hanya saja bola mengarah ke Adi yang membantu penyerangan. Tendangan bek kanan tersebut masih bisa ditepis Awan Setho.
 
Pemain pengganti Valpoort juga mengancam gawang Awan Setho berkat umpan Ricky Kambuaya. Namun bola yang bebas mengarah kepadanya luput dari tendangan. Masih aman gawang Bhayangkara kali ini.
 
Pemain pengganti Valpoort kembali luput memanfaatkan peluang saat umpan Ricky Kambuaya dari sayap kiri lolos hingga ke jantung pertahanan Bhayangkara yang dikawal Awan Setho. Skor belum berubah hingga menit 70.
 
Gol balasan Bhayangkara akhirnya diciptakan Malvin Platje pada menit 72. Berawal dari umpan Sani Rizki tersentuh kepala N'Douassel, yang diteruskan sentuhan kecil kaki Platje yang gagal dihalau Andhika yang maju ke depan. Skor 1-1, laga semakin sengit di sisa waktu.
 
Setelah terjadi jual beli serangan, gol kemenangan Bhayangkara akhirnya tercipta dari sundulan N'Douassel pada menit 85. Umpan terukur Anderson Salles ke jantung pertahanan Persebaya sukses ditanduk N'Douassel tanpa pengawalan. Skor berbalik menjadi 2-1 untuk keunggulan Bhayangkara FC.
 
Laga sengit kedua tim harus tercoreng dengan adanya kartu merah yang diterima Ricky Kambuaya di masa injury time. Berduel dengan Awan Setho membuat Kambuaya melakukan pelanggaran keras. Protesnya malah berbuntut kartu merah. Hingga peluit panjang skor 2-1 tetap untuk kemenangan Bhayangkara.
 
Menang, Bhayangkara FC sukses menggusur Arema FC dari puncak klasemen sementara Liga 1. Persaingan papan atas, terutama posisi empat besar sengit. Bhayangkara ke puncak klasemen dengan 43 poin dari 20 laga. Sementara Persebaya yang menderita kekalahan masih terpaku di posisi ke 4 dengan 39 poin.
 
Sementara Singo Edan, julukan Arema harus rela turun ke peringkat kedua dengan 41 poin dari 20 laga. Sementara Persib Bandung berada di posisi ketiga dengan 40 poin dari 20 laga. Hingga sepekan ke depan, Liga 1 diliburkan.
 
Susunan pemain kedua tim:
Bhayangkara FC (4-3-3): 12-A. Setho, 4-Anderson Salles, 14-R. Sanadi, 33-H. Yama, 7-A. Vermansah, 89-Lee Yoo-Joon, 6-E. Dimas, 19-T. Ichsan, 20-S. Rizki, 10-E. N'Douassel, 9-M. Platje. Pelatih: P. Munster
 
Persebaya (4-3-3): 52-A. Ramadhani, 3-R. Adi, 28-Arif Satria, 32-R. Ridho, 88-A. Slamat, 96-M. Hidayat, 23-A. Setiawan, 99-Bruno, 10-T. Marukawa, 9-S. Arif, 7-M. Ferdinan. Pelatih: A. Santoso
 
(RIZ)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif