Perwakilan klub Liga 2 bertemu dengan Menpora Zainudin Amali. (Foto: Kautsar Halim/Medcom.id)
Perwakilan klub Liga 2 bertemu dengan Menpora Zainudin Amali. (Foto: Kautsar Halim/Medcom.id)

Liga 2 dan Liga 3 tetap Berhenti, Andritany: Kami Bakal buat Gerakan Lain

Kautsar Halim • 17 Januari 2023 07:01
Jakarta: Andritany Ardhiyasa selaku presiden Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) turut mendampingi para perwakilan klub Liga 2  yang menyambangi Gedung Kemenpora untuk mencari solusi agar kompetisi kasta kedua dan ketiga Tanah Air dilanjutkan kembali. Itu dilakukannya karena peduli terhadap nasib para pesepak bola profesional Indonesia.
 
"Setiap pemain di Liga 1, 2, dan 3 tentunya ingin sekali bermain dan tidak mau kehilangan jam terbang di lapangan. Itu pekerjaan yang mereka cintai dan yang mereka idam-idamkan sejak kecil. Selain itu, mereka akan kehilangan kontrak dan kehilangan uang," kata Andritany kepada wartawan di Gedung Kemenpora, Senin (16/1/2023).
 
Seperti diketahui, PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air telah menghentikan Liga 2 dan Liga 3 Indonesia 2022--2023 pada pekan lalu. Keputusan itu mereka ambil karena berbagai faktor, termasuk mencegah terulangnya Tragedi Kanjuruhan karena fasilitas laga yang belum memadai, dan mepetnya waktu berakhirnya kompetisi dengan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun yang menjadi kontroversi, Liga 1 sebagai kompetisi tertinggi Tanah Air disebutkan PSSI bisa tetap bergulir hingga selesai tanpa ada degradasi. Padahal, lewat laga laga Liga 1 itulah Tragedi Kanjuruhan terjadi dan sejatinya ketiga kompetisi itu bergulir saling berkesinambungan pada tiap musim.
 
"Kalau mereka (PSSI) selalu bilang terbentur Piala Dunia U-20, sebenarnya itu enggak masalah karena ajang itu bukan World Cup (Piala Dunia) senior," ujar Andritany.
 
"Kejadian ini (penghentian Liga dan Liga 3)  juga bukan force majeur. Sebab, Liga 1 sudah berjalan yang seharusnya Liga 2 dan Liga 3 bisa bergulir. Kemudian, teman-teman di Liga 1 juga setuju Liga 2 dan Liga 3 dilanjutkan," timpal Kuasa Hukum APPI, Jannes H. Silitonga, yang mendampingi Andritany.
 
Sebagai bentuk protes atas keputusan PSSI, para pemain Liga 1 yang tergabung dalam APPI juga sempat memamerkan spanduk bertuliskan "Lanjutkan Liga 2 dan Liga 3" plus tagar sepak bola bersatu jelang laga Persija Jakarta vs Bali United sehari lalu. Jika berbagai upaya yang dilakukan tetap diacuhkan PSSI, Andritany menegaskan pihaknya bakal melakukan upaya atau pergerakan lain hingga Liga 2 dan Liga 3 bergulir kembali.
 
"Jika tidak didengar, tentunya akan buat gerakan baru lagi selanjutnya, tunggu saja tanggal mainnya. Tapi bentuknya seperti apa tidak bisa diberitahu di sini karena saya harus diskusi terlebih dahulu dengan Komite Eksekutif (Exco) APPI," tutup Andritany yang masih aktif sebagai kiper utama Persija.
 
(ASM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif