Selebrasi gol striker Borneo FC Matheus Pato ke gawang Persebaya Surabaya. (Foto: Twitter @Liga1Match)
Selebrasi gol striker Borneo FC Matheus Pato ke gawang Persebaya Surabaya. (Foto: Twitter @Liga1Match)

Liga 1 Indonesia 2022--2023

Persis Raih Kemenangan Perdana, Borneo FC Naik ke Puncak Klasemen

Kautsar Halim • 19 Agustus 2022 19:44
Jakarta: Tren positif kemenangan sama-sama diraih Persis Solo dan Borneo FC pada pekan kelima Liga 1 Indonesia 2022--2023. Persis sukses menundukkan Bhayangkara FC, sedangkan Borneo mengalahkan Persebaya Surabaya.
 
Bertanding di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat 19 Agustus sore WIB, Persis menundukkan Bhayangkara dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang mereka saat itu dicetak oleh Fernando Rodriguez setelah menerima umpan Fabio Beltrame pada menit ke-55.
 
Hasil ini cukup di luar dugaan karena Bhayangkara selaku tuan rumah tampil dominan dengan 61 persen penguasaan bola dan memiliki 24 total tembakan di sepanjang laga. Selain itu, Persis juga selalu kalah pada empat laga sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum menaklukkan Bhayangkara, Persis kalah dari Persita Tangerang, Persikabo 1973, Persija Jakarta dan Dewa United. Hasil laga pekan kelima ini praktis membuat Persis naik ke posisi 15 klasemen sementara dengan koleksi 3 poin.
 
Tidak lama setelah Bhayangkara dan Persis selesai bertanding, terdapat Borneo FC yang menundukkan Persebaya Surabaya dengan skor 2-1 di Stadion Segiri, Samarinda. Seluruh gol kemenangan tuan rumah saat itu dicetak Matheus Pato pada babak kedua.
 
Jalannya pertandingan didominasi Borneo dengan 68 persen penguasaan bola, tapi Persebaya punya lebih banyak peluang dengan 12 total tembakan. Selain itu, Bajul Ijo juga sempat mencetak gol balasan lewat Silvio Rodrigues Pereira Junior pada menit ke-67.
 
Gol pembuka Pesut Etam dicetak Pato setelah menanduk umpan tendangan sudut Stefano Lilipaly pada menit ke-63. Borneo baru bisa memastikan kemenangan pada pengujung laga atau setelah Pato kembali mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit 90+2. 
 
Persebaya sendiri harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-90 karena gelandang Muhammad Alwi Slamat mendapat kartu kuning kedua. Jadi, mereka makin kesulitan memberi perlawanan 
meski ofisial laga memberikan waktu lima menit untuk injury time babak kedua.
 
Hasil pertandingan ini membuat Borneo naik ke pucak klasemen sementara dengan koleksi 12 poin atau berjarak dua angka dengan Madura United yang berada di bawahnya dan belum selesai memainkan laga pekan kelima melawan Dewa United. Sementara itu, Persebaya harus terima turun ke posisi 15 karena baru memiliki 4 poin. 

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif