Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: ANT/Michael Siahaan)
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: ANT/Michael Siahaan)

PSSI Perlu Sponsor untuk Terapkan VAR di Liga 1

Olahraga liga indonesia pssi liga 1 indonesia
Antara • 20 April 2022 16:43
Jakarta: Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyebutkan bahwa pihaknya sedang mencari sponsor untuk menerapkan teknologi Video Asisten Wasit (VAR) di penyelenggaraan Liga 1 Indonesia. Menurutnya, itu bakal menjadi salah satu terobosan bagi kompetisi sepak bola nasional.
 
PSSI sebetulnya telah menghadirkan asisten wasit tambahan di Liga 1 Indonesia musim 2021--2022 guna membantu wasit utama dalam mengambil keputusan di lapangan. Namun, langkah itu dilakukan demi menyiasati penerapan VAR yang menelan biaya cukup tinggi.
 
"Sekarang sudah ada asisten wasit tambahan, tapi kami ingin mengadakan VAR. Kami sudah komunikasi kalau ada sponsor yang mau membiayai VAR, karena itu cukup mahal. Jadi kami akan menggandeng sponsor yang bisa membiayai itu," kata Iriawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) seperti dilansir Antara, Rabu (20/4/2022).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu lantas menjelaskan bahwa biaya pengadaan VAR bisa mencapai Rp90 miliar karena biaya operasionalnya untuk sebuah pertandingan di stadion mencapai Rp200 juta.
 
"Tapi kami juga harus bisa mempelajari dan mudah-mudahan tahun depan sudah bisa karena ada rencana menggelar Piala Dunia U-20 2023," tuturnya.
 
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) berambisi untuk menggunakan VAR dalam kompetisi Liga 1 sebagai respons terkait keputusan wasit yang sering menjadi kontroversi. VAR juga diperlukan agar wasit menjadi lebih objektif, pertandingan makin sportif, serta meningkatkan kualitas kompetisi.
 
VAR pertama kali resmi digunakan pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Teknologi tersebut membantu kinerja wasit utama dalam mengambil keputusan pada seluruh 64 pertandingan yang bergulir di 14 arena dan 11 kota. (ANT)

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif