Angelo Alessio (kiri). (Foto: ANTARA/HO/Persija)
Angelo Alessio (kiri). (Foto: ANTARA/HO/Persija)

Pecat Angelo Alessio, Persija Tunjuk Sudirman sebagai Kepala Pelatih

Olahraga persija liga 1 indonesia
Kautsar Halim • 19 Januari 2022 20:37
Jakarta: Manajemen klub Persija Jakarta menunjuk asisten pelatih, Sudirman, untuk menggantikan posisi Angelo Alessio sebagai kepala pelatih yang menangani skuad utama pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2021--2022. Keputusan itu diambil setelah Persija mengakhiri kerja sama dengan Alessio beberapa waktu lalu.
 
Dikutip dari rilis pers Persija, Rabu 19 Januari, Presiden Persija Mohamad Prapanca menjelaskan bahwa Sudirman atau yang biasa disapa "Coach Jend" dipilih karena sangat mengenal para pemain dan tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi dengan tim.
 
"Coach Jend tentu sudah sangat memahami karakter seluruh pemain, sehingga tidak memerlukan waktu lagi untuk beradaptasi. Kami berharap dia dapat mengangkat performa Persija menjadi lebih baik," ujar Prapanca.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sudirman sejatinya tidak asing dengan jabatan kepala pelatih Persija. Bahkan saat mengemban posisi itu, tepatnya kala menggantikan pelatih Sergio Farias, pria berusia 52 tahun tersebut membawa skuad berjuluk "Macan Kemayoran" juara turnamen pramusim Piala Menpora 2021.
 
Ditambah lagi, Sudirman juga sudah memiliki lisensi pelatih A AFC yang artinya tidak ada masalah administrasi baginya untuk berkarier di Liga 1 Indonesia 2021--2022.
 
Sudirman pun menegaskan siap menjalankan tugasnya dan bertekad membawa Persija kembali ke papan atas klasemen. Kapten timnas Indonesia tahun 1996 itu lantas meminta anak-anak asuhnya untuk selalu bersama melalui semua rintangan.
 
"Semua elemen tim harus saling menopang agar tim tetap kuat. Pekerjaan kami memang tidak mudah. Kami sadar bahwa performa kami masih jauh dari kata maksimal. Jadi tugas saya adalah memimpin tim agar kembali bisa bersaing ke papan atas," tutur Sudirman.
 
Sudirman akan menjalani debut sebagai kepala pelatih di Liga 1 Indonesia 2021--2022 saat Persija melakoni laga pekan ke-21 kontra Persita Tangerang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu 26 Januari pukul 20.30 WIB.
 
Sebelumnya, Persija mengakhiri kerja sama dengan Alessio karena skuad Macan Kemayoran butuh perubahan dari hasil kurang baik di putaran pertama musim ini. Laga terakhir mereka kontra Persela Lamongan berakhir imbang 1-1 dan Persija pun harus terima turun ke posisi delapan klasemen sementara dengan koleksi 29 poin. (ANT)

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif