Momen saat Liga 1 Indonesia 2020 menggelar pertandingan antara Persebaya kontra Persipura (Foto: Antara/Moch Asim)
Momen saat Liga 1 Indonesia 2020 menggelar pertandingan antara Persebaya kontra Persipura (Foto: Antara/Moch Asim)

Satgas Covid-19 Restui PSSI Lanjutkan Kompetisi

Olahraga liga indonesia pssi liga 1 indonesia liga 2 indonesia
Patrick Pinaria • 22 Juli 2020 18:09
Jakarta: PSSI mendapat restu untuk melanjutkan kompetisi sepak bola di Tanah Air dari Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19. Mereka memastikan akan menaati protokol kesehatan sesuai arahan Satgas Covid-19 ketika kompetisi kembali bergulir.
 
Kabar Satgas Covid-19 menyetujui rencana melanjutkan kompetisi itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan lewat konferensi video pada Rabu 22 Juli. Tepat setelah ia melakukan pertemuan dengan Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo.
 
"Prinsipnya beliau memberikan dukungan kepada PSSI. Hanya ada beberapa hal yang harus disepakati oleh PSSI dan seluruh komponen sepak bola, termasuk suporter," ujar Iriawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, Iriawan juga memastikan pihaknya akan menetapkan regulasi pertandingan digelar tanpa penonton. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus korona.
 
“Dalam konsep kami, tentunya protokol kesehatan nomor satu. Yang kedua, karena ini kompetisi pada masa Covid-19 tentunya kita mengikuti beberapa liga yang ada di dunia yaitu tanpa penonton. Pak Doni Monardo menyepakati atau memberikan izin kepada kami untuk itu, namun protokol kesehatan tentunya menjadi yang utama dalam hal ini,” jelas pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.
 
Setidaknya, ada dua kompetisi di Tanah Air yang akan dilanjutkan PSSI, yakni Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2020. Kedua kompetisi tersebut ditunda sejak Maret akibat pandemi korona.
 
Setelah berbulan-bulan ditunda, PSSI mencoba menyusun rencana agar kedua kompetisi tersebut bisa kembali bergulir. Terutama setelah Indonesia sudah menetapkan kebijakan kenormalan baru (new normal). Kebijakan yang mengizinkan masyarakat untuk menjalani aktivitas normal, tetapi dengan mematuhi protokol kesehatan ketat.
 
Hingga akhirnya, PSSI menetapkan Liga 1 dan Liga 2 akan bergulir pada Oktober. Namun, mereka masih akan menyusun aturan-aturan mengenai protokol kesehatan untuk kelanjutan kompetisi. (PSSI)
 

Video: Chelsea Bungkam Man United, Tantang Arsenal di Final Piala FA
 

 
(ASM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif