Pemain Persija Maman Abdurrahman (kanan). (ANTARA/HO/Tim media Persija)
Pemain Persija Maman Abdurrahman (kanan). (ANTARA/HO/Tim media Persija)

Bek Persija Maman Abdurrahman Nyaris Pensiun Dini

Olahraga persija liga 1 indonesia
Kautsar Halim • 30 Juni 2020 13:12
Jakarta: Bek Persija Jakarta Maman Abdurrahman mengaku pernah berpikir untuk pensiun dini. Itu terjadi karena cedera yang dialaminya ketika membela Sriwijaya FC pada 2014 silam.
 
"Saat itu saya sempat melupakan sepak bola dan ingin pensiun dini karena cederanya sangat parah. Akan tetapi, dukungan keluarga membuat saya kuat menghadapi masalah," kata Maman mengutip laman resmi Persija, Selasa (30/6/2020).
 
"Setelah itu, saya terus berjuang dan fokus memulihkan cedera," tambahnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maman mengalami cedera lutut yang menurutnya cukup parah setelah membela Sriwijaya FC di turnamen Inter Island Cup. Cedera itu merupakan yang ketiga kalinya dialami selama berkarier di sepak bola.
 
Pemain berusia 38 tahun itu menjelaskan, klub-klub lain kesulitan menerimanya meskipun cederanya sudah pulih. Mereka tidak percaya jika performa Maman bisa kembali seutuhnya.
 
Eks Persijatim dan PSIS itu bahkan sempat tak percaya dengan kemampuan dirinya sendiri. Dia lantas meminta setiap klub yang kepincut untuk melihat kondisinya terlebih dahulu untuk memastikan cedera lututnya tidak mudah kambuh.
 
"Mungkin saat itu usia saya tidak muda lagi, yakni 33 tahun. Banyak klub yang juga menilai cedera saya mudah kambuh sehingga percuma nantinya ketika dikontrak tidak akan main," tuturnya.
 
Namun, Bambang Nurdiansyah yang pada saat itu menangani Persita Tangerang memberi harapan kepada Maman untuk bangkit. Momen itu tidak dia sia-siakan dan tawaran bergabung pun langsung diterima.
 
"Momen itu saya juga sempat putus asa tapi kegigihan saya membuktikan dan Alhamdulillah Persita Tangerang dengan pelatihnya Bambang Nurdiansyah percaya kemampuan saya," ucapnya.
 
Tim Macan Kemayoran akhirnya mulai tertarik merekrut Maman pada 2015. Di usianya yang pada saat itu sudah menginjak 33 tahun, Maman tetap selalu menjadi pilihan utama dan bahkan berhasil mengantarkan Persija meraih trofi Liga 1 Indonesia 2018.
 
"Alhamdulillah, itu terlewati dan bisa di Persija sampai sekarang. Beberapa tahun terakhir pun saya selalu menjadi pilihan utama dan bisa membawa Persija juara liga," tutup Maman yang kini berusia 38 tahun. (ANT)

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif