Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. (Foto: MI/Susanto)
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. (Foto: MI/Susanto)

Sesmenpora tidak Ingin Liga 1 Jadi Klaster Penularan Covid-19

Olahraga liga 1 indonesia
Kautsar Halim • 29 Juli 2020 20:24
Jakarta: Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Broto meminta PSSI dan PT. LIB bisa menjamin bahwa tidak ada suporter yang menyaksikan langsung kelanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2020. Itu tidak dia inginkan sekalipun suporter berada di luar area stadion.
 
"Yang ketiga persoalan berikutnya, kita akan sering ada hiruk-pikuk tentang suporter. Jangan sampai, misalkan kayak di Stadion GBK, di dalamnya enggak ada penonton atau dibatasi penontonnya, enggak tahunya di luar (stadion) pada menunggu gitu. Itu yang harus diatur," kata Gatot dalam daring diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (29/7/2020).
 
Gatot mengatakan, sepak bola memang olahraga yang paling populer di Indonesia sehingga menyita perhatian banyak orang. Kemudian, kelanjutan kompetisi juga akan disambut suka cita oleh para penggemar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, penerapan protokol kesehatan dan keselamatan yang ketat menjadi sangat penting ketika kompetisi dimulai. Gatot tak ingin muncul klaster penularan baru karena lemahnya pengawasan dari PSSI, PT. LIB, maupun klub.
 
"Poinnya adalah silakan untuk mengadakan liga, tapi dengan catatan yang panjang sekali persyaratannya," kata dia.
 
Gatot juga meminta agar PSSI dan PT. LIB menyusun secara mendetail langkah yang akan dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. COntohnya, apabila ada pemain yang terkonfirmasi positif di tengah kelanjutan kompetisi.
 
"Jangan sampai bagi mereka itu tiba-tiba sudah aman bertanding di sebuah daerah, enggak tahunya ada satu terindikasi entah itu karena positif atau kemudian ODP, PDP," kata dia.
 
"Kemudian gugus tugas setempat itu kemudian menganulir atau kemudian membunyikan peluit 'Oh ini tidak bisa berlanjut (kompetisi) atau sebagainya'. Poinnya adalah harus ada koordinasi yang rapi antara kami kemudian pihak cabang olahraga dan yang terakhir dengan pihak gugus tugas," tambahnya menutup. (ANT)

 

(KAH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif