Proses pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) (Dok. Jakpro)
Proses pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) (Dok. Jakpro)

Masih Tahap Pembangunan, Jakarta Internation Stadium Sudah Dapat Penghargaan

Olahraga stadion bmw Olahraga persija vs persebaya
Rendy Renuki H • 22 April 2021 20:20
Jakarta: Jakarta International Stadium (JIS) sudah mendapatkan penghargaan. Meskipun stadion berkapasitan 82.000 penonton itu masih dalam tahap pembangunan.
 
JIS yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, meraih penghargaan Greenship level platinum. Calon stadion yang digadang akan menjadi markas Persija Jakarta itu meraih predikat bangunan yang ramah lingkungan level tertinggi.
 
Hal ini diketahui lantaran pada tanggal 11 Februari 2021, telah dilaksanakan sidang EAB (Evaluation Assessment Board) New Building 1.2 Online Design Recognition.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sertifikasi atau Greenship dilakukan oleh PT Sertifikasi Bangunan Hijau (SBH), yang terafiliasi dengan lembaga sertifikasi Green Building Council Indonesia (GBCI).
 
Sedangkan GBCI merupakan anggota dari World Green Building Council (WGBC) yang berpusat di Toronto, Kanada yang beranggotakan 102 negara di seluruh dunia.
 
Sementara itu, penilaian Greenship level platinum pada Design Recognition disandarkan kepada enam parameter Greenship. Yaitu Appropriate Site Development (ASD), Energy Efficiency and Conservation, Water Conservation, Material Resources and Cycle, Indoor Health and Comfort, dan Building Environment Management.
 
"Tujuan Green Building sendiri secara umum untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap kesehatan manusia yang
menempati suatu bangunan," bunyi pernyataan resmi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengembang.
 
Dampak negatif dapat muncul dari proses konstruksi hingga penggunaan suatu bagunan tersebut. Jadi diharapkan perencanaan suatu bangunan yang Green ini dapat mengantisipasi hal tersebut.
 
Saat ini, progres pembangunan JIS telah mencapai lebih dari separuh target, yakni 52,5 persen di pekan ke-84. Rencananya, pembangunan JIS ditargetkan rampung pada Oktober 2021 mendatang.
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif