Timnas Indonesia menjalani latihan (MI/Pius Airlangga)
Timnas Indonesia menjalani latihan (MI/Pius Airlangga)

Timnas Indonesia

Analisis Mantan Pelatih Timnas Indonesia Soal Minimnya Penyerang Lokal Berkualitas di Liga 1

Olahraga timnas indonesia
Gregorius Gelino • 23 September 2021 09:00
Jakarta: Timnas Indonesia akan mengarungi kompetisi Piala AFF pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Untuk mempersiapkan timnya, pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 36 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan.
 
Dari 36 nama yang dipanggil, sosok penyerang murni memang cukup jarang. Hal ini dinilai sebagai dampak melimpahnya stok penyerang asing di Liga 1.
 
Menurut mantan pelatih timnas Indonesia, Nil Maizar, minimnya sosok penyerang murni sejak era Bambang Pamungkas merupakan akibat dari jarangnya kesempatan tampil yang diberikan untuk penyerang lokal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, Nil juga menilai bahwa kekurangan stok penyerang lokal juga karena perbedaan kualitas yang cukup besar. Namun Nil merasa hal ini bisa diatasi dengan pembinaan yang tepat.
 
"Masalahnya saya pikir satu saja, yaitu kesempatan untuk pemain lokal ini gak ada. Seorang pelatih juga tidak mungkin berjudi, kan pelatih ingin menang," papar Nil dalam program 'Medcom Hari Ini' pada Rabu (22/9) sore.
 
"Pemain lokal yang akan dipercaya juga jarang yang kualitasnya sama dengan penyerang-penyerang asing. Itu juga jadi PR bagi kita sebagai seorang pelatih dan pembinaan di sepak bola di PSSI," urainya.
 
"Saya juga sebagai seorang pelatih susah juga mencari striker yang murni. Tapi kalau pemain sayap itu banyak, jadi ini masalah kita semua yang harus diperbaiki supaya pemain lokal bisa mendapat tempat di tim utama masing-masing," tutupnya.
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif