Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

PT LIB Liburkan Kompetisi saat Piala AFF dan PPKM Level 3

Olahraga liga indonesia piala aff liga 1 indonesia Liga 2 Indonesia 2021
Ahmad Mustaqim • 29 November 2021 11:03
Yogyakarta: PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan meliburkan kompetisi saat gelaran Piala AFF 2020 yang dihelat Desember 2021. Selain itu, libur kompetisi juga saat pemerintah memberlakukan PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Kompetisi akan kembali berlanjut tahun depan.
 
"Kompetisi break 18 Desember, pertimbangannya karena PPKM Level 3. Kepolisian fokus pengamanan," kata Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita ditemui di kawasan Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu malam, 28 November 2021.
 
Lukita mengatakan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong berharap bisa mendapatkan hasil maksimal pada Piala AFF nanti. Saat meliburkan kompetisi, kata dia, agar pemain bisa fokus bermain dan masyarakat memberikan dukungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kata dia, liburnya kompetisi juga diharapkan menjadi momen klub-klub berbenah. Ia mengatakan, kualitas setiap klub harus ditingkatkan saat kompetisi libur.
 
"Tren Liga 1 ini sedang meningkat. Tim yang menang terus meningkat, tim yang kalah terus turun (di posisi klasemen)," ujarnya.
 
Direktur Operasional PT LIB, Soedjarno, mengatakan, putaran ketiga Liga 1 musim 2021 -- 2022 semula direncanakan pada pekan ke 19. Rencana itu diubah menjadi pekan ke 17 saat memulai putaran ketiga.
 
"Series kedua nanti berakhir week 17. Akan mulai series ketiga pada 6 Januari 2022, mulai week 18, 19 san seterusnya," kata Soedjarno.
 
Ia mengatakan, kemungkinan akan ada dua pertandingan ditunda pada putaran kedua, yakni Persikabo vs Arema dan Persebaya vs Bali United. Dua laga itu akan dimainkan sebelum putaran ketiga dimulai.
 
"Kalau series keempat akan diumumkan setelah akhir series ketiga," katanya.
 
Ia menambahkan, kompetisi Liga 2 juga akan mengikuti. Soedjarno mengatakan, laga Liga 2 akan memasuki pekan terakhir penyisihan grup.
 
"Babak delapan besar (Liga 2) akan digelar 15-16 Desember 2021, semi final akan dimainkan Januari tanggal 3-4 Januari 2022," ungkapnya.

Kembangkan Aplikasi untuk Skrining Kehadiran Penonton di Stadion

PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah mengembangkan aplikasi untuk proses skrining kehadiran penonton di stadion. Aplikasi tersebut diharapkan bisa siap dalam beberapa waktu ke depan.
 
"Nama aplikasinya LIB Super Apps," kata Direktur Operasional PT LIB, Soedjarno ditemui di kawasan Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu malam, 28 November 2021.
 
Ia mengatakan, aplikasi tersebut semula ditarget bisa siap pada bulan November 2021. Namun, saat ini ternyata belum selesai.
 
"Belum tahu nanti apakah awal Desember bisa atau belum. Ini masih proses," kata Soedjarno.
 
Ia mengatakan, uji coba kehadiran penonton ke stadion akan dilakukan dalam waktu dekat. PT LIB sebelumnya masih menunggu izin dari kepolisian.
 
Ia memperkirakan, uji coba penonton hadir ke stadion masih butuh persiapan matang. Di sisi lain, pemerintah akan kembali memberlakukan PPKM Level 3.
 
"Apakah setelah atau sebelum level 3. Titik beratnya setelah Natal dan tahun baru," kata dia.
 
Soedjarno menambahkan, konsep kehadiran penonton yang disiapkan yakni sifatnya pilihan. Artinya, komunitas-komunitas suporter akan dipilihlah yang akan ikut uji coba. Ia menegaskan, orang yang hadir ke stadion harus sudah vaksin dua dosis dan lolos skrining aplikasi peduli lindungi.
 
"Jadi ada seperti pendaftaran penonton. Aplikasi PT LIB kami gunakan. Uji coba nanti jadi bahan kompetisi akan datang, sudah ada penonton home dan away, ini bisa dijadikan contoh," kata Soedjarno.
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif