Tim nasional U-16 Malaysia (kuning-kuning) menghadapi Australia pada laga terakhir Grup B Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo. (Foto: Antara/Michael Siahaan)
Tim nasional U-16 Malaysia (kuning-kuning) menghadapi Australia pada laga terakhir Grup B Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo. (Foto: Antara/Michael Siahaan)

Piala AFF U-16 2022

Piala AFF U-16: Myanmar Tantang Indonesia di Semifinal, Malaysia Tertampar

Kautsar Halim • 08 Agustus 2022 19:18
Yogyakarta: Indonesia dipastikan menghadapi Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo pada Rabu 10 Agustus mendatang. Itu diketahui setelah Myanmar menaklukkan Kamboja 1-0 pada laga terakhir Grup C di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin 8 Agustus.
 
Gol semata wayang Myanmar ketika menaklukkan Kamboja dicetak oleh Lin Htet Ho pada menit ke-48. Hasil tersebut membuat Myanmar jadi juara Grup C dengan koleksi 7 poin atau berjarak dua angka dengan Malaysia yang berada di peringkat dua.
 
Malaysia sendiri harus terima menjadi runner-up Grup C karena hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Australia pada hari dan waktu yang sama. Padahal, Malaysia nyaris menang dengan unggul 2-1 atau Australia hingga seperempat jam babak kedua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sepasang gol Malaysia saat itu dicetak oleh Muhammad Anjasmirza pada menit ke-36 dan ke-49. Australia sejatinya mampu unggul lebih dulu lewat gol Ayman Gulasi pada menit ke-17 dan baru selamat dari kekalahan setelah Max Hately mencetak gol pada menit ke-64.
 
Kegagalan Malaysia ini menjadi tamparan karena mereka berstatus sebagai juara bertahan Piala AFF U-16 dan sudah dua kali keluar sebagai juara pada 2013 dan 2019. Selain itu, skuad remaja Harimau Malaya selalu lolos dari fase grup sejak 2017.
 
Sementara itu, Indonesia lolos ke semifinal setelah keluar sebagai juara Grup A yang diisi oleh Vietnam, Filipina dan Singapura. Namun pada semifinal, Indonesia tetap tidak boleh meremehkan lawannya karena Myanmar karena pernah menjuarai Piala AFF U-16 sebanyak dua kali pada 2002 dan 2005. (ANT)

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif