Skuat Jerman harus tersingkir lebih awal-Foto AFP
Skuat Jerman harus tersingkir lebih awal-Foto AFP

Piala Dunia 2022

Wah, Der Panzer Angkat Koper dari Piala Dunia 2022

rizkiyanuardi • 02 Desember 2022 05:37
Doha: Tim Panser Jerman harus angkat koper dari perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar. Meski menang 2-4 atas Kosta Rika di laga terakhir Grup E di Stadion Al Bayt, Doha, Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB, Jerman tetap tersingkir karena kalah produktivitas gol dari Spanyol.
 
Spanyol sendiri, di laga yang hampir bersamaan kalah 2-1 dari Jepang, dan hanya lolos sebagai runner up Grup E.
 
Babak pertama, Jerman mendominasi jalannya pertandingan. Namun dari sejumlah peluang, Jerman hanya sukses mencetak satu gol lewat aksi Serge Gnabri. Menerima umpan David Raum, pemain Arsenal tersebut sukses menaklukkan Keylor Navas lewat sundulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Babak kedua, Kosta Rika justru bisa menyamakan kedudukan pada menit 58 lewat aksi Tajeda. Berawal dari serangan
 
balik, bola sundulan pemain Kosta Rika lainnya bisa diblok Manuel Neuer. Bola rebound sukses disambar Tajeda. Skor menjadi 1-1.
 
Kosta Rika bahkan berbalik unggul pada menit 20. Berawal dari kemelut di mulut gawang Neuer, aksi tendangan salto Vanegas membuat Neuer salah mengantisiasi bola. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Kosta Rika, yang membuat Spanyol ketar-ketir karena di saat bersamaan Jepang berbalik unggul 2-1 atas Spanyol.
 
Tim Diesel Jerman akhirnya mampu bangkit dan mencetak tiga gol di sisa waktu 20 menit. Gol Jerman berturutan dicetak Kai Harvetz pada meit 73 dan 85. Sebiji gol lagi dicetak Fullkrug pada menit 89. Skor 2-4 untuk keunggulan Der Panzer bertahan hingga laga usai.
 
Meski menang atas Kosta Rika, tim Panser gagal lolos karena kalah produktivitas gol dari Spanyol. Memilki poin sama, Spanyol unggul selisih gol, dengan mencetak 9 gol dan kebobolan 3. Sementara Jerman hanya mencetak 6 gol dan kebobolan 5 gol.
 
Ya, kejutan terjadi di Grup E, grup yang memang diawal disebut sebagai salah satu grup neraka. Satu tim besar, Jerman, sudah harus pulang lebih awal. Spanyol bahkan nyaris pulang, jika saja Kosta Rika mengalahkan Jerman di laga terakhir.
 
Pencapaian buruk Jerman ini mengulangi hasil minor di Piala Dunia 2018. Saat itu Jerman tersingkir usai dikalahkan Korea Selatan di laga terakhir penyisihan grup.
 
Maklum, Jerman selalu menjadi favorit karena tim nasionalnya adalah spesalis turnamen. Bukti sahihnya, dari keikutsertaan di Piala Dunia, Der Panzer tampil di partai puncak alias final sebanyak delapan kali, empat di antaranya juara.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif