Pelatih timnas Brasil, Tite. (NELSON ALMEIDA / AFP)
Pelatih timnas Brasil, Tite. (NELSON ALMEIDA / AFP)

Piala Dunia 2022

Brasil Gugur di Perempat Final, Tite Mundur sebagai Pelatih

Kautsar Halim • 10 Desember 2022 07:17
Jakarta: Tite telah resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional (timnas) Brasil. Informasi ini dia umumkan sendiri setelah Selecao kalah adu penalti dari Kroasia pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Jumat 9 Desember malam WIB.
 
Seperti dilansir Antara, hasil tersebut membuat Brasil gugur dua kali secara berturut-turut di perempat final Piala Dunia. Namun, Tite menekankan bahwa dirinya memang sudah berniat melepas jabatannya, terlepas dari hasil apa pun yang didapat tim Samba di Piala Dunia 2022.
 
"Seperti yang saya katakan, siklus saya sudah berakhir. Saya mengatakan ini lebih dari satu setengah tahun yang lalu. Saya bukan orang yang suka menarik kata-kata," kata Tite seusai laga dikutip dari Daily Star.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tite merupakan pelatih kaya pengalaman yang sudah menangani klub-klub Brasil seperti Corinthians, Internacional dan Atletico Mineiro dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun kariernya sebagai juru taktik. Selain itu, dia juga pernah membawa Brasil keluar sebagai juara Copa America pada 2019.
 
Sebelumnya, Brasil kalah adu penalti dari Kroasia dengan skor 2-4. Hasil ini cukup menyesakkan karena terjadi setelah laga pada waktu normal berakhir imbang tanpa gol dan tim Samba unggul lebih dulu lewat gol Neymar pada menit 105+1'. Saat itu, Kroasia memang membuat kejutan dengan menyamakan kedudukan melalui gol Bruno Petkovic (menit ke-117) dan tampil lebih percaya diri saat adu penalti. 
 
Para eksekutor Krosia yang terdiri dari Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, dan Mislav Orsic sukses menjalankan tugasnya dengan baik untuk membobol gawang Brasil yang dijaga Alisson Becke. Di sisi lain, tendangan penalti pertama Brasil yang diambil oleh Rodrygo malah bisa ditepis kiper Dominik Livakovic, dan terdapat eksekusi penendang keempat Marquinhos yang membentur tiang. Brasil hanya bisa mencetak gol lewat Casemiro dan Pedro. (ANT)
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif