Menpora Zainudin Amali dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. (Foto: medcom.id/Rendy Renuki)
Menpora Zainudin Amali dan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. (Foto: medcom.id/Rendy Renuki)

September, FIFA Tinjau Stadion GBT untuk Kesiapan Piala Dunia U-20

Olahraga Piala Dunia U-20
Rendy Renuki H • 06 Agustus 2020 17:00
Jakarta: Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan FIFA akan meninjau Stadion Gelora Bung Tomo September mendatang. FIFA akan melihat sejauh mana kesiapan stadion tersebut menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.
 
Risma mengakui saat ini Stadion GBT telah menjalani persiapan mencapai 90 persen. Markas Persebaya Surabaya itu tinggal menjalani perbaikan minor di beberapa titik.
 
"Nanti ada kunjungan FIFA bulan September, saat ini stadion utama (GBT) sudah 90 persen siap," kata Risma saat bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Kamis 6 Agustus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sarana penunjang Piala Dunia U-20 lainnya seperti lapangan latihan menurut Risma pun akan ditambahkan. Nantinya akan ada tiga lapangan latihan di sekitar kompleks Stadion GBT.
 
Lapangan tersebut menurutnya akan dibangun sesuai standar internasional. Agar saat sudah dipakai ajang Piala Dunia U-20, lapangan itu masih tetap bisa digunakan.
 
"Kami punya 84 sekolah sepak bola dan banyak sekali anak-anak tertarik pada sepak bola. Nanti juga lapangan itu bisa kita sewakan untuk tim dari luar negeri jika di sana sedang musim dingin," sambung Risma.
 
Selain itu, Risma juga mengatakan akan membangun jalan baru untuk mempermudah akses ke Stadion GBT. Namun ia menegaskan tak akan melakukan pelebaran jalan akses stadion yang sudah ada.
 
"Kita membuat jalan baru dari arah jalan tol, sudah hampir selesai. Tinggal yang dibuat Pelindo 400 meter mungkin sekitar Januari selesai," terang Risma.
 
Sementara, Menpora Zainudin Amali mengatakan Stadion GBT sejauh ini layak menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Meskipun sejauh ini masalah bau tak sedap akibat letak tempat pembuangan akhir (TPA) Benowo dengan Stadion GBT sangat dekat.
 
"GBT sangat layak. Urusan lingkungannya beres, saya langsung hadir di situ," tutur Menpora.
 
Stadion GBT menjadi salah satu dari enam venue Piala Dunia U-20 2021 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021. Lima di antaranya adalah Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Wayan Dipta (Bali).
 
(ASM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif