Shin Tae-yong. (Foto: Dokumentasi PSSI)
Shin Tae-yong. (Foto: Dokumentasi PSSI)

Piala AFF 2020

Ini Penyebab Shin Tae-yong Ngamuk di Bangku Cadangan saat Hadapi Singapura

Kautsar Halim • 26 Desember 2021 13:27
Jakarta: Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjelaskan penyebab keributan yang terjadi pada pengujung babak pertama laga kontra Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF, Sabtu 25 Desember malam WIB. Menurutnya, itu berawal dari aksi provokasi pemain Singapura.
 
Situasi di bangku cadangan timnas Indonesia sempat ricuh seusai Song Ui-young mencetak gol Singapura pada menit 45+4 yang menutup babak pertama dengan skor 1-1. Gol tersebut memang sangat emosional karena terjadi tidak lama setelah Singapura mendapat kartu merah pertama.
 
Adalah Safuwan Baharudin yang kena kartu merah pada menit 45+1 karena dianggap wasit menyikut bek timnas Indonesia, Rizky Ridho. Sedangkan sebelumnya, Indonesia mampu unggul lebih dulu lewat Ezra Walian yang menyelesaikan operan Witan Sulaeman pada menit ke-11.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada selebrasi ke bench (bangku cadangan) kami. Menurut saya, itu bukan tindakan fair play," kata Tae-yong seusai laga seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/12/2021) malam WIB.
 
Seusai dilerai wasit dan ofisial pertandingan, kericuhan pun akhirnya reda dan semua pemain masuk ke lorong ruang ganti untuk turun minum. Pelatih timnas Singapura Tatsuma Yoshida juga terlihat merangkul dan menenangkan Tae-yong saat meninggalkan bangku cadangan.
 
"Pelatih Singapura sudah meminta maaf dan setelah itu semua baik-baik saja," tutup Tae-yong.
 
Indonesia akhirnya bisa menundukkan tuan rumah Singapura dengan skor 4-2 lewat babak tambahan (2x15 menit) dan terdapat dua kartu merah lain yang diterima Singapura, yaitu untuk Irfan Fandi (menit ke-67) dan kiper Hassan Sunny (menit ke-119).
 
Tiga gol kemenangan Indonesia lainnya dicetak oleh Pratama Arhan, Shawal Anuar (bunuh diri) dan Egy Maulana Vikri, sedangkan Singapura mencetak gol tambahan lewat tendangan bebas ciamik Shahdan Sulaiman.  Padahal, Singapura nyaris menang apabilan tendangan penalti Faris Ramli pada pengujung babak kedua tidak ditepis kiper Indonesia, Nadeo Argawinata.
 
Hasil pertandingan memastikan Indonesia melaju ke final Piala AFF dengan skor agregat 5-3 karena mereka sempat bermain imbang 1-1 dengan Singapura pada leg 1 semifinal. Selanjutnya, Indonesia bakal menghadapi pemenang dari Thailand kontra Vietnam yang memainkan leg 2 semifinal pada Minggu 26 Desember pukul 19.30 WIB. (ANT)

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif