Vincent Aboubakar-Foto AFP
Vincent Aboubakar-Foto AFP

Piala Dunia 2022

Sejarah, Kamerun Tim Pertama Afrika Taklukkan Brasil di Piala Dunia

rizkiyanuardi • 03 Desember 2022 04:50
Lusail: Menang tipis atas Brasil dengan skor 1-0, wakil Afrika Timnas Kamerun tetap gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar pada matchday terakhir Grup G di Stadion Iconic, Lusail, Sabtu 3 Desember 2022 dini hari WIB.
 
Gol yang dicetak Vincent Aboubakar pada menit 90+2 itu juga diwarnai aksi kartu merah wasit terhadap pemain yang juga mencetak dua gol saat Lions Indomptables, alias Singa Gigih, julukkan Kamerun, bangkit waktu melawan Serbia itu.
 
Raihan nilai Kamerun di akhir penyisihan grup adalah 4 poin, dan hanya menduduki peringkat tiga dari tiga laga, hasil dari sekali menang, sekali draw dan sekali imbang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berhak mendampingi Brasil adalah Swiss, yang pada laga bersamaan menang atas Serbia dengan skor 2-3. Swiss menuai 6 poin dari 2 kali menang dan 1 kali kalah. Swiss hanya kalah selisih gol dari Brasil.
 
Sedangkan bagi Brasil, meski lolos sebagai juara Grup G dengan nilai 6 hasil dua kemenangan dan sekali kalah, gol Vincent Aboubakar menjadi gol kemenangan bersejarah tim asal Afrika pertama yang bisa mengalahkan Tim Samba di Piala Dunia. Tercatat, Brasil pernah bertemu tim Afrika di tujuh edisi Piala Dunia dan hasilnya, Brasil selalu menang di tujuh laga itu.
 
Sejak kick off, Brasil yang banyak mengistirahatkan sejumlah pemainnya karena sudah lolos lebih dulu, lebih mendominasi jalannya laga.
 
Tercatat, Brasil memiliki 21 upaya percobaan menendang ke gawang berbanding 7 milik Kamerun. Pun begitu dari penguasaan bola, 65 persen berbanding 35 persen.
 
Sayangnya, saat laga masih tetap 0-0, pada masa injury time dari skema serangan balik Kamerun berhasil mencuri gol kemenangan. Sundulan Vincent Aboubakar menaklukkan Ederson disambut sukacita seluruh pemain Kamerun. Bahkan sang pelatih, Rigobert Song juga berlari merayakan gol ke arah Aboubakar di pertahanan Brasil.
 
Ya, Kamerun, meski gagal lolos tetap menjadi tim menghibur di Piala Dunia 2022 Qatar. Bagi Brasil yang lolos ke babak 16 besar, mereka nanti akan berhadapan dengan kuda hitam Korea Selatan yang lolos sebagai runner up Grup H. Sementara Swiss akan menghadapi juara Grup H Portugal di babak gugur tersebut.
 
Susunan pemain
Kamerun (4-2-3-1): 16-D. Epassy, 19-C. Fai, 24-E. Ebosse, 25-N. Tolo, 4-C. Wooh, 6-M. Ngamaleu, 15-P. Kunde, 8-A. Zambo Anguissa, 13-E. Choupo-Moting, 10-V. Aboubakar, 20-B. Mbeumo, Pelatih: R. Song.
 
Brasil (4-2-3-1): 23-Ederson, 13-Dani Alves, 16-Alex Telles, 14-Éder Militão, 24-Bremer, 8-Fred, 15-Fabinho, 18-Gabriel Jesus, 21-Rodrygo, 26-Gabriel Martinelli, 19-Antony. Pelatih: Tite.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif