Widodo C. Putro (dok. Metro TV)
Widodo C. Putro (dok. Metro TV)

Ini Ritual Widodo C. Putro Sebelum Bertanding

Gregorius Gelino • 21 Mei 2022 14:31
Jakarta: Mantan bomber timnas Indonesia, Widodo C. Putro, mengaku punya ritual khusus sebelum bertanding. Pelatih Bhayangkara FC ini mengaku selalu berdoa dan selalu membayangkan skenario-skenario yang mungkin terjadi di lapangan.
 
"Jadi saya memang selalu berdoa pada malam hari sebelum bermain dan selalu memvisualisasi kejadian-kejadian sebelum pertandingan," kata Widodo pada Metro Sport Podcast di kanal YouTube Metro TV yang tayang pada Sabtu (21/5).
 
"Jadi saya memvisualisasikan ketika rekan saya crossing, saya harus bagaimana. Lalu bagaimana ketika pemain lawan pressing saya, apa yang harus saya lakukan. Saya ingat di kepala," jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu manfaat dari ritual yang dilakukan Widodo ini adalah gol salto indahnya ke gawang Kuwait pada Piala Asia 1996. Ia mengakui bahwa dirinya sudah mati langkah ketika Ronny Wabia mengirim umpan, tapi berkat insting dan visualisasi yang selalu ia lakukan, ia mampu melakukan tendangan salto yang juga dinobaatkan sebagai gol terbaik Piala Asia.
 
"Seperti ujian saja, besok ada soal dan saya malamnya belajar. Jadi kalau besok soal itu keluar, kita gak mikir panjang dan langsung otomatis," urainya.
 
"Karena dalam sepak bola kan tidak bisa mengambil keputusan berlama-lama, hanya sepersekian detik. Seperti gol salto itu, saya gak sebenarnya sudah mati langkah, tapi tanpa pikir panjang saya berbalik badan dan mencoba salto," pungkasnya.
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif