Suasana laga J1 League. (Foto Istimewa)
Suasana laga J1 League. (Foto Istimewa)

Mengenal Peta Persaingan J1 League 2022

Kautsar Halim • 20 Juli 2022 12:56
Jakarta: Perhelatan liga Jepang kasta teratas alias Meiji Yasuda J1 League 2022 diikuti oleh 18 tim dari seantero Jepang. Akan tetapi, ada beberapa tim yang memiliki kandang dengan jarak yang berdekatan. Secara garis besar, tim-tim J1 League musim ini terpusat di dua tempat, yakni Greater Tokyo Area dan Keihanshin Area.
 
Bahkan, hanya tujuh tim yang tak berada dari daerah tersebut, yakni Hokkaido Consadole Sapporo (Hokkaido), Shimizu S-Pulse (Prefektur Shizuoka), Jubilo Iwata (Prefektur Shizuoka), Nagoya Grampus (Prefektur Aichi), Sanfrecce Hiroshima (Prefektur Hiroshima), Avispa Fukuoka (Prefektur Fukuoka), dan Sagan Tosu (Prefektur Saga).
 
Selain mereka, 11 tim lainnya berasal dari Greater Tokyo Area dan juga Keihanshin Area. Greater Tokyo Area sendiri adalah wilayah di sekitar Tokyo yang membentuk satu kesatuan daerah urban terbesar di dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Musim ini, ada tujuh tim yang berasal dari prefektur Greater Tokyo Area, namun hanya satu tim yang berasal dari pusat Kota Tokyo, yakni F.C Tokyo yang berkandang di Ajinomoto Stadium. Selain itu, enam tim sisanya berasal dari prefektur-prefektur di sekitar pusat Tokyo yang membentuk satu kesatuan Greater Tokyo Area. 
 
Kawasaki Frontale (Prefektur Kanagawa), Yokohama F. Marinos (Prefektur Kanagawa), Shonan Bellmare (Prefektur Kanagawa), Urawa Red Diamonds (Prefektur Saitama), Kashima Antlers (Prefektur Ibaraki), dan Kashiwa Reysol (Prefektur Chiba) merupakan bagian dari Greater Tokyo Area.
 
Dari tim-tim tersebut, terdapat beberapa laga derbi panas yang tersaji, salah satunya Derbi Kanagawa yang mempertemukan dua tim asal Prefektur Kanagawa, Yokohama F. Marinos dengan Kawasaki Frontale. Kandang kedua tim hanya berjarak tak lebih dari 10 kilometer dan memiliki makna spesial bagi fans masing-masing.
 
Sejatinya, Shonan Bellmare berasal dari prefektur yang sama. Tapi, mereka tetapi tak memiliki sejarah rivalitas dengan kedua tim lainnya, dan jarak mereka pun lebih jauh dibanding Marinos dan Frontale.
 
Selain Derbi Kanagawa, Kawasaki Frontale juga terlibat dalam laga sengit bertajuk Tamagawa Classico yang mempertemukan mereka dengan F.C. Tokyo. Dinamai Tamagawa Classico karena kandang kedua tim dipisahkan sungai besar bernama Tama dan kandang keduanya pun hanya berjarak tak lebih dari 20 kilometer.
 
Di bagian Greater Tokyo lainnya, terdapat Derbi Shizuoka yang mempertemukan Jubilo Iwata dan Shimizu S-Pulse yang sudah lama tidak terjadi karena Jubilo baru kembali ke kompetisi kasta teratas pada musim ini. Namun, jika Shimizu S-Pulse dan Jubilo Iwata bertanding dengan tim Prefektur Aichi Nagoya Grampus, laganya bakal bertajuk Derbi Tokai.
 
Sementara itu, satu kutub Meiji Yasuda J1 League 2022 berada di Keihanshin Area yang merupakan sebuah area urban metropolitan terbesar kedua di Jepang setelah Greater Tokyo Area. Wilayah tersebut yang terdiri dari Osaka, Kobe, dan Kyoto.
 
Area yang juga dikenal dengan nama Kansai ini mengirimkan empat tim di kasta teratas, yakni Gamba Osaka (Prefektur Osaka), Cerezo Osaka (Prefektur Osaka), Vissel Kobe (Prefektur Hyogo), dan Kyoto Sanga (Prefektur Kyoto). Jadi, pertemuan dari empat tim tersebut biasa disebut juga dengan Derbi Kansai.
 
Namun,  irisan dari empat tim itu memiliki sebutan derbi sendiri. Pertemuan Kyoto Sanga dengan Gamba Osaka atau Cerezo Osaka diberi nama Derbi Keihan, sedangkan pertemuan Vissel Kobe dengan dua tim asal Osaka diberi nama Derbi Hanshin.
 
Laga terbesar di daerah ini adalah laga Derbi Osaka yang mempertemukan Gamba Osaka yang kini berkandang di Kota Suita Prefektur Osaka dengan Cerezo yang berasal dari pusat Kota Osaka. 
 
Dalam beberapa tahun terakhir, Greater Tokyo Area lebih unggul dibanding Keihanshin jika dilihat dari persebaran juara J1 League. Bahkan dalam enam musim terakhir, juara J1 League selalu berasal dari wilayah urban ibu kota, yakni Kawasaki Frontale (4 kali) dan Kashima Antlers (1 kali) serta Yokohama F. Marinos (1 kali).
 
Tim Keihanshin yang terakhir kali juara adalah Gamba Osaka, tapi itu terjadi pada 2014 silam. 
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif