Nuno Mendes (kanan)-Foto AFP
Nuno Mendes (kanan)-Foto AFP

Soccertainment

5 Bek Kiri Termahal di Dunia, No.1 Mantan Pemain Barcelona (Bagian 1)

Friko Simanjuntak • 09 Agustus 2022 07:53
Jakarta: Dalam satu dekade terakhir, nilai tansfer pemain sepak bola terus meningkat. Klub-klub berani membayar mahal seorang pemain. Bukan hanya pemain depan, tapi juga pemain belakang, alias berposisi sebagai bek
 
Dalam sejarahnya, sejumlah pemain berposisi bek dibeli dengan harga fantastis. Harry Maguire tercatat sebagai bek termahal di dunia saat ini, dibeli Manchester United dari Leicester City pada 2019 dengan transfer 87 juta euro.
 
Selain bek tengah, harga pemain berposisi bek kiri terus meroket setiap tahunnya. Tingginya nilai transfer ini tidak lepas dari perkembangan sepak bola modern yang menuntut bek kiri aktif membantu serangan, bahkan mencetak gol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Theo Hernandez menjadi satu contoh bek kiri sepak bola modern. Tak hanya tangguh mengawal pertahanan, bek AC Milan itu kerap mengandalkan kecepatannya dan keberanian menusuk ke kotak penalti lawan.
 
Berikut daftar bek kiri termahal di dunia saat ini, melansir data Transfermarkt:
 
5. Nuno Mendes (Paris Saint-Germain) - harga 38 juta euro
Nuno Mendes belum terlalu terdengar namanya ketika PSG meminjamnya dari Sporting Lisbon musim 2021/2022. Apalagi sejumlah nama tenar juga ke Parc des Princes, seperti Lionel Messi, Gianluigi Donnarumma, Georginio Wijnaldum, dan Achraf Hakimi.
 
Meski demikian, Mendes mampu menunjukkan eksistensinya di lapangan. Berstatus pinjaman, ia justru langsung diandalkan pelatih Mauricio Pochettino di sisi kiri pertahanan. Mendes memainkan 37 laga di semua kompetisi dan mengemas dua assist.
5 Bek Kiri Termahal di Dunia, No.1 Mantan Pemain Barcelona (Bagian 1)
 
Nuno Mendes (kanan)-Foto AFP
 
PSG mempermanenkan aksi pemain 20 tahun ini pada musim 2022--2023. PSG harus mengeluarkan dana 38 juta euro (Rp576 M) untuk mengaktifkan klausul pembelian Mendes secara permanen.
 
4. Ferland Mendy (Real Madrid) - harga 48 juta euro
Bek kanan Real Madrid Marcelo memasuki akhir kariernya, Real Madrid membuat keputusan berani membeli bek kiri pada musim panas 2019. Ferland Mendy didatangkan dari Olympique Lyon dengan harga cukup fantastis, 48 juta euro (Rp728 M).
 
Keputusan ini sempat dikritik lantaran Mendy dianggap belum pantas dihargai semahal itu. Akan tetapi, bek asal Prancis ini mampu menjawab keraguan publik dengan kualitasnya di lapangan.
 
Mendy membawa sesuatu yang berbeda dari Marcelo. Ia bukanlah tipe bek kiri yang aktif membantu penyerang (seperti yang dilakukan Marcelo), tetapi dia tahu bagaimana menjaganya agar tetap kencang di belakang.
5 Bek Kiri Termahal di Dunia, No.1 Mantan Pemain Barcelona (Bagian 1)
 
Ferland Mendy (depan)-Foto AFP
 
Mendy mencetak satu gol dan memberikan empat assist dalam 25 penampilan La Liga saat Madrid meraih gelar Spanyol di musim debutnya di Santiago Bernabeu.
 
Pemain berusia 27 tahun itu juga berperan penting di balik kesuksesan Real Madrid di musim 2021/2022. Mendy mencetak dua gol dan lima assist untuk membantu Los Blancos merebut double winner (Liga Champions dan La Liga). (bersambung)
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif