Luapan kegembiraan Luka Modrid usai Kroasia hancurkan Skotlandia sekaligus memastikan mereka lolos ke 16 besar Euro 2020-Foto:AFP/ANDY BUCHANAN
Luapan kegembiraan Luka Modrid usai Kroasia hancurkan Skotlandia sekaligus memastikan mereka lolos ke 16 besar Euro 2020-Foto:AFP/ANDY BUCHANAN

Euro 2020

Euro 2020: Kroasia Lolos ke 16 Besar Usai Benamkan Skotlandia

Olahraga sepak bola liga dunia Timnas Kroasia Euro 2020 Timnas Skotlandia
Medcom • 23 Juni 2021 04:55
Jakarta: Kroasia menunjukkan kelasnya sebagai tim papan atas usai menaklukkan Skotlandia di matchday 3 Grup D Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Rabu 23 Juni, dini hari, Waktu Indonesia Barat.
 
Tak tanggung-tanggung, Luka Modric dan kawan-kawan mempermalukan The Tartan Army, julukan Skotlandia, di depan publiknya sendiri di Hampden Park, Glasgow.
 
Bermain di tengah pendukung Skotlandia di Hampden Park, Kroasia langsung mengontrol laga sejak dini. Ketiga gol Kroasia dicetak Vlasic di menit 17, Modric 62' dan Perisic 77'. Sementara tuan rumah membalas satu gol lewat McGregor di menit 42, gol pertama mereka di turnamen besar sejak 1998.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luka Modric menjadi kunci kemenangan Kroasia. Gelandang Real Madrid itu sukses menjalani tugasnya sebagai jenderal lapangan tengah yang mengatur serangan, sekaligus mengontrol ritme jalannya laga.
 
Menang, Kroasia finis sebagai runner up Grup D dengan 4 poin dan lolos ke babak 16 besar. Meski perolehan poin sama dengan Ceko, Kroasia berhak finis di peringkat kedua karena unggul produktivitas gol (4 gol) atas Ceko (3 gol). Ceko yang kalah 0-1 dari Inggris juga lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik.
 
Babak pertama, Kroasia langsung mengontrol permainan. Skotlandia yang bermain di depan publiknya justru tertekan. Hingga tercipta gol oleh tendangan keras Nikola Vlasic pada menit ke-17, usai menerima umpan dari Ivan Perisic di dalam kotak penalti.
 
Hingga jelang turun minum, penonton tuan rumah kembali bersorak usai Callum McGregor mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-42 lewat tendangan kaki kanan. McGregor sekaligus tercatat menjadi pemain pertama Skotlandia yang mencetak gol di Euro sejak 18 Juni 1996. Terakhir, Ally McCoist mencetak gol saat melawan Swiss.
 
Babak kedua, seperti babak pertama Kroasia mengontrol jalannya laga. Luka Modric sukses membawa timnya unggul 2-1 di menit 62. Gol spektakuler Modric dicetak usai menerima umpan Mateo Kovacic di dalam kotak penalti. Tendangan Modric tak mampu dibendung kiper Skotlandia, David Marshall.
 
Modric kembali menjadi kreator gol ketiga Vatreni, julukan Timnas Kroasia. Kali ini gol dicetak Ivan Perisic pada menit ke-77 lewat sundulan kepala hasil sepak pojok Modric. Gol tersebut menjadi gol terakhir di laga tersebut. Hingga wasit Juan Pablo Belatti dari Argentina meniup peluit panjang, skor tetap 3-1 untuk kemenangan Kroasia.
 
Sempat berada di ujung tanduk, dengan kemenangan ini Kroasia lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup D. Meski poin 4, sama dengan yang diraih Republik Ceko, Kroasia unggul selisih gol. Republk Ceko juga berhak lolos karena menjadi tim peringkat ketiga terbaik.
 
Susunan pemain kedua kesebelasan:
 
Kroasia: Livakovi; Vrsaljko, Lovren, Vida, Gvardiol; Modri?, Brozovi, Kova?i; Ivanušec, Periši; Petkovic. Pelatih Zlatko Dalic.
 
Skotlandia: Marshall; Hendry, Hanley, Tierney; O'Donnell, McTominay, McGregor, McGinn, Robertson; Tanggul, Adams. Pelatih Steven Clarke.
 
Video: Begini Penampakan Kampung Atlet di Tokyo

 
(RIZ)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif