Raheem Sterling: Foto: AFP/LAURENCE GRIFFITHS
Raheem Sterling: Foto: AFP/LAURENCE GRIFFITHS

Euro 2020

Euro 2020: Kalahkan Republik Ceko, Inggris ke 16 Besar Sebagai Juara Grup D

Olahraga sepak bola liga dunia Timnas Inggris timnas republik ceko Euro 2020
Medcom • 23 Juni 2021 04:16
Jakarta: Inggris lolos ke babak 16 besar Euro 2020 usai mengalahkan Republik Ceko dengan skor tipis di lanjutan matchday 3 Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Rabu 23 Juni, dini hari, Waktu Indonesia Barat. Gol Inggris dicetak Raheem Sterling di menit 12.
 
Bermain di depan pendukungnya, The Three Lions langsung menggebrak di menit ke 2. Upaya Sterling yang menerima umpan jauh Luke Shaw masih membentur tiang gawang saat dia membuat tendangan lob untuk melewati kiper Ceko Tomas Vaclik.
 
Inggris terus mendominasi laga. Gelandang Saka dan Grealish terus menebar ancaman dengan pergerakan dan umpannya ke lini pertahanan Ceko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gol bagi Inggris tercipta di menit 12. Rahem Sterling kembali mencatatkan namanya di papan skor lewat sundulan kepala. Berawal dari pergerakan Peter Grealish di sisi kanan pertahanan Ceko, gelandang Aston Villa itu sukses mengirimkan umpan lambung ke tiang jauh. Sterling yang tidak terkawal langsung menanduk bola tanpa bisa dihalau Vaclik. Skor 1-0 untuk Inggris.
 
Inggris terus menjaga ritme permainan meski sudah unggul. Kapten Harry Kane nyaris menambah keunggulan Inggris di menit 26. Usai mengecoh bek kanan Ceko, sepakan kaki kanannya di kotak penalti masih bisa diblok Vaclik dengan kakinya.
 
Semenit berselang Ceko merespons dengan cepat. Holes yang tanpa pengawalan sedikit di luar kotak penalti, langsung melepaskan tembakan keras kaki kanan. Bola yang sedikit melengkung masih bisa ditepis Pickford.
 
Upaya Ceko menyamakan kedudukan kembali didapat. Kali ini melalui Soucek di menit 29. Memanfaatkan bola muntah dari sepakan Jancto, Soucek langsung melepaskan tembakan kaki kanan. Sayang, bola masih melenceng tipis dari gawang Pickford.
 
Luke Shaw, bek kiri yang overlap nyaris menambah gol untuk Inggris lewat aksinya di menit 37. Terobosonnya di kotak penalti yang dilanjutkan dengan sepakan keras kaki kirinya menyentuh bek dan bola mengarah langsung ke sudut kanan bawah gawang Ceko. Aksi Vaclik masih menggagalkan bola masuk ke gawang.
 
Hingga turun minum, skor masih tetap 1-0 untuk Inggris.
 
Babak kedua Southgate melakukan pergantian di lini tengah dengan memasukkan Jordan handerson. Hingga pertengahan babak kedua tak ada ancaman berarti kedua tim.
 
Raheem Sterling pun ditarik keluar dan digantikan Marcus Rashford untuk menambah ketajaman Inggris. Laga kedua tim banyak berkutat di lini tengah dan belum ada yang menbahayakan gawang.
 
Sementara Jaroslav Silhavy juga menarik pencetak gol Ceko di laga-laga sebelumnya, Patrik Schick. Penggantinya adalah Tomas Pekhart dan tentunya untuk menyegarkan lini serang Ceko.
 
Untuk menjaga stabilitas di lini tengah Inggris, Southgate kemudian menarik pemain belia Bukayo Saka yang bermain gemilang di lini tengah Inggris, dengan pemain 21 tahun, Jadon Sancho.
 
Sempat menganulir gol Jordan Handerson di pengujung babak kedua, wasit Artur Diaz dari Portugal akhirnya meniup peluit panjang tanda berahirnya laga. Skor tetap 1-0 untuk kemenangan Inggris.
 
Menang, Inggris sukses memuncaki klasemen Grup D sekaligus lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Meski kalah, Ceko masih tetap lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Di laga lainnya, Kroasia sukses menghancurkan Skotlandia 3-1 di Hampden Park. Kroasia mendampingi Inggris ke 16 besar. Poin Kroasia sama dengan Ceko, hanya Luka Modric dkk unggul selisih gol.
 
Susunan pemain kedua kesebelasan:
 
Republik Ceko: Vaclik; Coufal, Elustka, Kalas, Boil; Soucek, Lubangs; Masopust, Darida, Jankto; ayam. Pelatih Jaroslav Silhavy.
 
Inggris: Pickford; Trippier, Stones, Maguire, Shaw; Phillips, Rice, Bellingham; Grealish, Kane, Sterling. Pelatih Gareth Southgate.
 
Video: Begini Penampakan Kampung Atlet di Tokyo

 
(RIZ)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif