Timnas Prancis merayakan gelar juara Piala Dunia 2018. (Foto: AFP/Franck Fife)
Timnas Prancis merayakan gelar juara Piala Dunia 2018. (Foto: AFP/Franck Fife)

8 Rekor yang Berpotensi Dipecahkan pada Piala Dunia 2022

Friko Simanjuntak • 26 September 2022 17:38
Jakarta: Piala Dunia 2022 sudah semakin dekat. Dimulai pada 20 November atau kurang dari dua bulan ke depan, turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia akan digelar di Qatar. Sejumlah rekor berpotensi dipecahkan pada Piala Dunia edisi ke-22 ini.
 
Dalam sejarahnya, Piala Dunia memang selalu menghadirkan rekor-rekor baru di tiap penyelenggaraannya. Seperti pada Piala Dunia 2022 ini, di mana Qatar mencatatkan rekor sebagai negara pertama asal Timur Tengah yang jadi tuan rumah.
 
Pada Piala Dunia 2022 ini jugalah, untuk pertama kali turnamen sepak bola empat tahunan ini tidak digelar pada musim panas. Satu lagi, Piala Dunia 2022 juga menjadi turnamen terakhir di mana tim pesertanya berjumlah 32 negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain rekor-rekor di atas, tentunya ada banyak lagi rekor-rekor yang berpotensi dipecahkan pada Piala Dunia 2022, baik itu oleh para pemain maupun tim peserta.
 
Tanpa berlama-lama lagi, berikut 8 rekor yang berpotensi dipecahkan pada Piala Dunia 2022 Qatar:

8. Negara dengan Rekor Kartu Merah Terbanyak

Dalam sejarah Piala Dunia, Brasil tak hanya menyandang predikat sebagai negara dengan koleksi gelar juara terbanyak (5). Tapi, tim berjuluk Selecao juga tercatat sebagai tim dengan koleksi kartu merah terbanyak (11). Pada Piala Dunia 2022 ini, Brasil berpotensi memperpanjang rekornya, atau rekor tersebut justru disamai atau dipecahkan oleh Argentina (10) atau Uguruay yang mengoleksi 9 kartu merah.

7. Negara dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak di Piala Dunia

Brasil dan Jerman saat ini mencatatkan diri sebagai negara dengan jumlah pertandingan terbanyak di Piala Dunia. Keduanya sama-sama memainkan 109 laga. Pada Piala Dunia 2022 ini, siapapun di antara Brasil atau Jerman yang mampu melaju lebih jauh, maka, dia akan berhak mencatatkan rekor baru sebagai negara dengan jumlah pertandingan terbanyak dalam sejarah Piala Dunia.

6. Messi dan Ronaldo memburu Rekor 20 Pertandingan Piala Dunia

Dalam sejarahnya hanya ada 11 pemain yang mampu memainkan 20 pertandingan atau lebih di ajang Piala Dunia. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berpeluang masuk daftar pemain tersebut. Messi hanya membutuhkan satu laga untuk mencapai 20 pertandingan, sedangkan Ronaldo harus membuat tiga penampilan bersama Portugal di Piala Dunia 2022 Qatar untuk masuk dalam grup di atas.

5. Messi Pecahkan Rekor Maradona

Messi saat ini sudah memainkan 19 pertandingan Piala Dunia dan hanya berjarak 2 laga dari legenda Argentina, Diego Maradona (21). Jika Messi tampil di tiga pertandingan babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, artinya Messi berhasil memecahkan rekor Maradona.

4. Rekor Kemenangan Didier Deschamps bersama Prancis

Didier Deschamps telah melatih Prancis dalam 12 pertandingan Piala Dunia, dan sukses meraih 9 kemenangan. Satu kemenangan lagi akan memberinya sepuluh secara keseluruhan, angka yang hanya dicapai oleh enam pelatih lain dalam sejarah Piala Dunia, yakni Helmut Schon, Luiz Felipe Scolari, Mario Zagallo, Joachim Low, Carlos Alberto Parreira dan Oscar Tabarez.

3. Pelatih Asing Pertama yang Juara Piala Dunia

Dari 32 tim yang akan berlaga di Piala Dunia Qatar 2022, sembilan di antaranya dilatih oleh pelatih asing (bukan dari negaranya). Para pelatih ini berpeluang memecahkan rekor sebagai pelatih asing pertama yang memenangi Piala Dunia. Sebelumnya, pada 21 edisi Piala Dunia, semua negara yang jadi juara dilatih oleh pelatih dari negaranya.

2. Ronaldo Incar Rekor Cetak Gol di 5 Piala Dunia

Cristiano Ronaldo tidak pernah absen membela timnas Portugal dalam empat edisi terakhir Piala Dunia (2006, 2010, 2014 dan 2018). Dan di tiap turnamennya, bintang Manchester United ini selalu berhasil cetak gol. Catatan selalu cetak gol dalam empat Piala Dunia membuat Ronaldo menyamai rekor Pele (Brasil), Uwe Seeler, dan Miroslav Klose (Jerman).
 
Kini, pada Piala Dunia 2022 Qatar, Ronaldo berpeluang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia. Jika ia berhasil melakukannya, maka ia jadi satu-satunya pemain yang selalu mencetak di lima gelaran Piala Dunia.

1. Kutukan Juara Bertahan

Dalam tiga edisi terakhir Piala Dunia, tim yang berstatus juara bertahan seakan mendapat "kutukan" yakni tersingkir di fase grup. Hal tersebut dialami Timnas Italia di Piala Dunia 2010, lalu Spanyol pada Piala Dunia 2014 di Brasil, dan terakhir Jerman yang harus tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.
 
Kini, pada Piala Dunia 2022 Qatar, apakah "kutukan" ini juga akan berlaku untuk Timnas Prancis yang menyandang predikat juara Piala Dunia 2018? Mari kita tunggu..
 

 

 
 
(ASM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif