Skuad timnas U-19. (Foto: Dokumentasi PSSI)
Skuad timnas U-19. (Foto: Dokumentasi PSSI)

Piala AFF U-19 2022

Piala AFF U-19: Indonesia Pesta Gol ke Gawang Brunei, Hokky Cetak Quattrick

Kautsar Halim • 04 Juli 2022 22:13
Jakarta: Timnas Indonesia menang besar dengan skor 7-0 atas Brunei Darussalam pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin 4 Juli. Meski demikian, kebanyakan gol timnas U-19 tercipta pada babak pertama.
 
Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, timnas U-19 sudah membuka keunggulan ketika laga baru bergulir dua menit lewat Hokky Caraka yang menerima operan pendek bek tengah Kakang Rudianto yang melakukan over lap.
 
Menginjak menit ke-11, terdapat Ronaldo Kwateh yang menerima umpan terobosan Arkhan Fikry dan melewati bek Brunei untuk menggandakan keunggulan timnas U-19. Berselang tiga menit kemudian, Hokky kembali mencetak gol setelah menendang bola liar dalam situasi kemelut di depan gawang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya butuh jeda empat menit bagi timnas U-19 untuk unggul 4-0. Sebab, Hokky sudah kembali mencetak gol tambahan pada menit ke-18. Berselang dua menit kemudian, giliran Arkhan yang memperbesar keunggulan setelah menuntaskan operan pendek Kwateh.
 
Keunggulan 5-0 timnas U-19 sempat bertahan lama karena Brunei makin fokus bertahan. Tapi menginjak injury time atau tepatnya pada menit 45+1, pertahanan itu hancur juga oleh Hokky yang memastikan quattrick atau torehan empat gol. Skor 6-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.
 
Timnas U-19 masih tampil dominan pada babak kedua dan tidak memberi Brunei peluang emas sama sekali. Namun, Garuda Nusantara hanya mampu menambah satu gol pada menit ke-60 melalui Alfriyanto Nico yang memanfaatkan kesalahan bek Brunei saat menyapu bola di dalam kotak penalti.
 
Berbagai peluang sudah didapat timnas U-19 untuk memperbesar keunggulan pada sisa waktu babak kedua. Namun, para pemainnya kerap menyia-nyiakan peluang dan Brunei pun tampak makin solid dalam bertahan. Alhasil, kedudukan 7-0 untuk Indonesia tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.
 
Hasil pertandingan ini membuat timnas U-19 naik ke posisi dua klasemen sementara Grup A dengan koleksi 4 poin, tapi hanya unggul selisih gol dengan Vietnam. Sementara itu, Brunei makin terpuruk di dasar klasemen tanpa memiliki poin dan sudah kebobolan 14 gol dari dua laga yang telah dilakoni.
 
Selanjutnya pada laga ketiga Grup A, Rabu 6 Juli, timnas U-19 bakal bentrok dengan lawan berat Thailand yang sedang berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 6 poin. Tambahan tiga poin tentu wajib didapat Garuda Nusantara pada laga tersebut guna memperbesar asa lolos dari fase grup.
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif