Putri Kusuma Wardani. (Dok. PBSI)
Putri Kusuma Wardani. (Dok. PBSI)

Menengok Kartini Muda di Olahraga Indonesia

Olahraga Bulu Tangkis Hari Kartini Sepak Bola Putri
Alfa Mandalika • 21 April 2022 15:00
Jakarta: Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia selalu mengingat kelahiran dari salah satu pahlawan Indonesia yakni Raden Adjeng Kartini.
 
Kartini yang lahir di Jepara pada 21 April 1879 memiliki cara tersendiri untuk membangun dan meningkatkan harga diri bangsa.
 
Melalui pemikiran dan tulisan-tulisannya, Kartini membela kehidupan para wanita Indonesia agar memperoleh kebebasan, otonomi serta persamaan hukum dengan kaum pria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada era saat ini, banyak wanita Indonesia yang membantu pembangunan Tanah Air dan juga mengharumkan nama bangsa. Di dunia olahraga contohnya, ada beberapa nama yang mempersembahkan prestasi terbaik bagi Indonesia.
 
Kali ini, Medcom.id akan menengok prestasi Kartini Muda Indonesia di dunia olahraga bulu tangkis dan sepak bola.

Putri Kusuma Wardani (Bulu Tangkis)

Indonesia butuh sosok generasi terbaik di dunia bulu tangkis. Hal itu diperlukan guna menjaga eksistensi dan prestasi putri-putri Indonesia di kancah bulu tangkis dunia.
 
Salah satu pebulu tangkis putri yang mencuri perhatian ialah Putri Kusuma Wardani, atau yang karib disapa Putri KW. Pemain kelahiran Tangerang 19 tahun lalu perhalan tapi pasti menjelma menjadi andalan tunggal putri Indonesia.
 
Memulai kariernya bersama klub Exist Jakarta, Putri KW berkesempatan masuk pelatnas pada 2018. Dia langsung tancap gas dengan meraih beberapa gelar juara.
 
Di level BWF Junior International, Putri KW meraih gelar juara di Jakarta Junior International. Lalu, di Czech Open, Bangladesh International, dan Spain Masters pada 2021.
 
Teranyar, Putri KW menyabet gelar Orleans Masters pada Maret 2022. Well, dengan usia yang muda, prestasi Putri KW diyakini bakal terus meningkat.

Shalika Aurelia (Sepak Bola)

Pesepak bola putri Indonesia, Shalika Aurelia membawa harum nama bangsa. Sebab, ia telah resmi mendapatkan kontrak dari klub asal Italia, Roma Calcio Femminile alias Roma CF.
 
Dengan bergabungnya Shalika Aurelia, ia mengukuhkan namanya sebagai pesepak bola putri Indonesia pertama yang berkarier di Eropa.
 
Shalika merupakan pemain kelahiran Jakarta 1 Agustus 2003. Pemain Timnas Indonesia ini sempat menimba ilmu di klub Liga Inggris, West Ham United. Selain West Ham, Shalika sempat juga berlatih bersama klub Liga Jerman, Bayern Muenchen.
Menengok Kartini Muda di Olahraga Indonesia
Shalika Aurelia. (Foto: Dok. Ist)
 
Kiprah pemain yang berposisi sebagai bek ini akhirnya terendus tim pelatih timnas dan akhirnya dia dipanggil untuk memperkuat Indonesia U-16 pada 2017.
 
Jika terus bisa mempertahankan performa, maka Shalika bisa menjelma menjadi pemain top dan bisa memberikan efek positif bagi skuat Indonesia.
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif