Didier Drogba. (Foto: AFP/Jewel Samad)
Didier Drogba. (Foto: AFP/Jewel Samad)

Selain Fabregas, Ini 5 Pemain yang Punya Saham di Klub Sepak Bola

Friko Simanjuntak • 05 Agustus 2022 10:00
Jakarta: Mantan bintang Arsenal dan Barcelona, Francesc Fabregas baru-baru ini membuat keputusan mengejutkan dengan bergabung ke klub Serie B Liga Italia, Como 1907.
 
Tak hanya sebagai pemain, Fabregas kabarnya juga bertindak sebagai pemegang saham di klub yang akan dilatih legenda Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto tersebut. Tidak dijelaskan berapa persen saham yang dimiliki Fabregas di Como.
 
"Dia memiliki bagian dari klub, dia adalah pemegang saham. Itulah yang diinginkan Cesc untuk terlibat. Dia akan berada di sini lebih lama dari yang diharapkan. Sangat penting, dia merasa seperti itu, untuk menjadi bagian dari itu untuk jangka panjang ke depan, ujar Dennis Wise yang ditunjuk jadi konsultan teknis Como.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fabregas ternyata bukan pesepak bola pertama yang memiliki saham di klub sepak bola. Sebelumnya, sudah ada beberapa nama pemain yang juga memiliki saham di sebuah klub sepak bola. Rata-rata, pemain-pemain yang memiliki saham klub tersebut berada di usia yang menjelang pensiun atau sudah pensiun.
 
Melansir Daily Star, berikut 5 pesepak bola yang memiliki saham di klub sepak bola, selain Cesc Fabregas:

1. David Beckham - Inter Miami

Inter Miami adalah klub yang didirikan David Beckham yang bekerja sama dengan beberapa pengusaha kaya Amerika Serikat. Klub ini berdiri pada 2018 dan di tahun 2020 mereka resmi jadi kontestan kompetisi sepak bola tertinggi di Amerika Serikat, Major League Soccer.
 
Selain pemegang saham, Beckham bertindak sebagai CEO di Inter Miami. Saat ini, Inter Miami diperkuat oleh sejumlah pemain terkenal seperti Kieran Gibbs (eks Arsenal) dan mantan penyerang Real Madrid, Napoli, Juventus dan AC Milan, Gonzalo Higuain.

2. Demba Ba - ASC San Diego

Setelah gantung sepatu pada akhir musim 2020 -- 2021, eks striker Chelsea dan Newcastle United, Demba Ba melanjutkan karier untuk menjalankan sebuah klub sepak bola.
 
Pemain asal Prancis tersebut diketahui telah membeli San Diego 1904 FC, sebuah tim sepak bola profesional Amerika yang berbasis di San Diego, pada 2017. Disokong oleh beberapa rekan pemain seperti Eden Hazard, Yohan Cabaye, dan Moussa Sow, Ba yang menjabat ketua klub, coba menjalankan klub tersebut pada 2018.
 
Namun, San Diego 1904 FC tidak bertahan lama. Karena masalah pendanaan, pada akhir 2021, San Diego 1904 melakukan merger dengan Albion SC Pros dan menggunakan nama ASC San Diego. Di klub ini, Demba Ba tetap dipercaya sebagai ketua atau presiden klub.

3. Didier Drogba - Phoenix Rising

Setelah kembali ke Stamford Bridge untuk mengklaim satu gelar Liga Primer Inggris terakhir bersama Chelsea pada 2014 -- 2015, Didier Drogba menjalani musim terakhir karier bermainnya di Amerika Serikat.
 
Ada dua klub yang diperkuatnya di sana, yakni Montreal Impact (MLS) dan Phoenix Rising di USL Champions (kompetisi di bawah MLS). Bersama klub terakhir Drogba tak hanya bertindak sebagai pemain, tapi juga pemegang saham.
 
"Dengan senang hati mengumumkan bahwa saya telah menandatangani kontrak dengan @PHXRIsingFC dan akan menjadi bagian dari grup pemilik yang berharap dapat membawa Phoenix ke MLS #Drogba2PHX," cuit legenda Chelsea pada 2017, menjadikannya pemegang saham sekaligus pemain pertama dalam sejarah sepak bola.
 
Drogba hanya satu musim bertindak sebagai pemain dan juga pemegang saham klub Phoenix Rising. Setelah tidak jadi pemain, mantan bintang Chelsea ini masih terlibat di klub di bagian administrasi.

4. Ronaldo - Real Valladolid dan Cruzeiro

Tidak puas dengan hanya memiliki satu klub sepak bola, Ronaldo Luiz Nazario de Lima membeli klub masa kecil Cruzeiro setelah menguasai saham mayoritas di klub La Liga, Real Valladolid.
 
Pemenang Ballon d'Or tiga kali itu menginvestasikan 58 juta poundsterling untuk mengklaim 90% saham kepemilikan Cruzeiro. Selain itu, Ronaldo juga tercatat memiliki 51% saham kepemilikan Real Valladolid yang dibelinya pada 2018 dengan biaya 25 juta poundsterling.
 
Sebelum Cruzeiro dan Real Valldolid, Ronaldo memegang saham minoritas di klub NASL Fort Lauderdale Strikers.

5. Zlatan Ibrahimovic - Hammarby IF

Di tengah kesibukannya bermain untuk LA Galaxy di pentas MLS, Zlatan Ibrahimovic rupanya sudah mulai menuyusun rencananya setelah pensiun dari dunia sepak bola.
 
Pada 2019, Ibra membuat kejutan dengan membeli 23,5% saham salah satu klub peserta Liga Utama Swedia, Hammarby IF, yang saat itu dijual oleh pemilik sebelumnya.
 
Proses pembelian saham Hammarby IF ini sempat membuat banyak penggemar Ibra kecewa dan marah. Sebab, mereka berharap agar Ibra berinvestasi ke klub lamanya, Malmo FF, bukannya ke klub rival.
 
Namun, Ibra tak bergeming dan tepat melanjutkan rencananya. Menggandeng perusahaan asal Jerman, Anschutz Entertainment Grup (AEG), Ibra akhirnya resmi membeli separuh saham Hammarby IF.
 
Rencana Ibra untuk mengurus Hammarby IF setelah pensiun nyatanya tidak berjalan lancar. Setelah dari LA Galaxy, Ibra ternyata masih dilirik klub-klub Eropa. Alhasil, ia sempat satu musim membela Manchester United dan kembali ke AC Milan hingga saat ini.
 
Namun, saat ini Ibra dipastikan belum bisa merumput bersama AC Milan yang akan segera menjalani kompetisi Liga Italia Serie A. Ibra diperkirakan bakal absen selama separuh musim untuk menjalani proses pemulihan usai menjalani operasi lutut pada akhir musim lalu.
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif