Suasana laga timnas Inggris Belgia vs Inggris. (Kenzo Tribouillard / AFP)
Suasana laga timnas Inggris Belgia vs Inggris. (Kenzo Tribouillard / AFP)

UEFA Nations League 2020--2021

7 Catatan Menarik setelah Belgia Patahkan Asa Timnas Inggris

Olahraga timnas inggris timnas belgia UEFA Nation League
Kautsar Halim • 16 November 2020 15:48
Jakarta: Belgia berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 2-0 pada laga kelima fase grup UEFA Nations League 2020--2021, Senin 16 November dini hari WIB. Hasil tersebut sekaligus mematahkan asa The Three Lions ke fase selanjutnya.
 
Usai menaklukkan Inggris, Belgia makin kokoh di puncak klasemen sementara Grup A2 dengan koleksi 12 poin. Namun, mereka belum pasti lolos ke babak berikutnya karena masih ada satu laga fase grup yang tersisa dan Denmark berada di bawah mereka dengan koleksi 10 poin.
 
Nahas bagi Inggris, hasil kekalahan dari Belgia membuat mereka turun ke posisi tiga dengan koleksi 7 poin. Dengan begitu artinya, Inggris dipastikan gagal menyalip Belgia meskipun mampu menang atas Islandia pada laga pamungkas yang bergulir beberapa hari lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sepasang gol kemenangan Belgia atas Inggris dicetak oleh Youri Tielemans pada menit ke-10 dan Dries Mertens pada menit ke-23. The Three Lions sudah berupaya mendominasi penguasaan bola dan punya peluang lebih banyak, tapi tak ada satupun gol balasan hingga laga berakhir.
 
Selain menyingkirkan Inggris, Belgia juga artinya sudah membalaskan dendam pada pertemuan sebelumnya di Stadion Wembley, 11 Oktober lalu. Saat itu, anak-anak asuh Gareth Southgate keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.
 
Masih banyak fakta menarik setelah Belgia menaklukkan Inggris. Berikut laporan lengkapnya seperti dilansir dari BBC:
 
1. Inggris telah kalah dalam pertandingan internasional berturut-turut untuk pertama kalinya sejak kalah tiga kali secara beruntun pada periode Juli hingga September 2018. Tren negatif itu juga termasuk kalah dari Belgia.
 
2. Kemenangan atas Inggris adalah laga ke-50 pelatih Roberto Martinez bersama Belgia. Rincian seluruh hasil pertandingannya adalah 39 menang, 4 kalah dan 7 seri.
 
3. Laga kontra Belgia merupakan kekalahan kesepuluh Inggris ketika ditangani Gareth Southgate sebanyak 48 pertandingan. Dia merupakan pelatih pertama yang kalah 10 kali semenjak The Three Lions ditangani Sven-Goran Eriksson dalam 67 pertandingan.
 
4. Belgia telah memenangkan 11 pertandingan internasional di kandang mereka dengan catatan mencetak 48 gol dan hanya kebobolan 4 gol dalam periode ini.
 
5. Inggris kebobolan dua gol dari luar kotak penalti dalam sebuah pertandingan untuk pertama kalinya sejak menghadapi Skotlandia pada Juni 2017 silam. Selain itu, mereka juga tertinggal dua gol pada babak pertama untuk pertama kalinya sejak Agustus 2009 atau ketika melakoni laga persahabatan kontra Belanda.
 
6. Kontribusi saat menjamu Inggris membuat Youri Tielemans sudah mencetak tiga gol dalam 33 laga timnas senior Belgia.
 
7. Harry Kane tercatat sudah 50 kali membela timnas Inggris ketika menghadapi Belgia. Rekor tersebut sama seperti yang dimiliki mantan bek Chelsea, John Terry.
 


 
(KAH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif