Suasana laga Indonesia vs Singapura pada leg 2 semifinal Piala AFF, Sabtu (25/12/2021). (Foto: Roslan RAHMAN / AFP)
Suasana laga Indonesia vs Singapura pada leg 2 semifinal Piala AFF, Sabtu (25/12/2021). (Foto: Roslan RAHMAN / AFP)

Indonesia Singkirkan Singapura, Shin Tae-yong Mengaku Diuntungkan Wasit

Kautsar Halim • 26 Desember 2021 14:01
Jakarta: Timnas Indonesia berhasil menyingkirkan tuan rumah Singapura dari ajang Piala AFF 2020. Menurut pelatih Shin Tae-yong, tren positif itu tak lepas dari kinerja kepemimpinan wasit pada leg kedua semifinal, Sabtu 25 Desember.
 
Indonesia menang dramatis dengan skor 4-2 saat menghadapi Singapura pada leg kedua semifinal yang dipimpin wasit asal Oman Qasim Matar Ali Al Hatmi. Laga tersebut bergulir hingga babak tambahan dan terdapat tiga pemain Singapura yang kena kartu merah.
 
Menurut Tae-yong, berbagai keputusan Qasim sudah benar, sekalipun Indonesia sempat mendapat hukuman tendangan penalti pada pengujung babak pertama. Oleh karena itu seusai laga, Tae-yong memuji sikap kepemimpinan Qasim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya lihat, wasit melakukan hal yang benar pada hari ini, termasuk saat memberikan kartu kuning dan merah kepada lawan. Itu menguntungkan kami," kata Tae-yong seperti dikutip dari Antara.
 
Tae-yong melanjutkan, kinerja Qasim juga lebih baik ketimbang Kim Hee Gon selaku wasit pada leg pertama semifinal yang berakhir dengan skor imbang 1-1. 
 
Sebab, Kim dianggapnya keliru memberikan tendangan bebas kepada Indonesia karena pelanggaran yang dilakukan Singapura terjadi di kotak penalti.
 
Setelah itu, Tae-yong juga mengimbau operator turnamen untuk menggunakan VAR pada penyelenggaraan Piala AFF selanjutnya.
 
"Saya baru menonton tayangan ulang leg pertama ketika tiba di hotel, dan menurut saya, itu memang seharusnya penalti," tutup pria berusia 51 tahun itu. (ANT)

 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif