Pratama Arhan. (Foto: Instagram @pratamaarhan8/@tokyo_verdy)
Pratama Arhan. (Foto: Instagram @pratamaarhan8/@tokyo_verdy)

Top! 7 Pemain dengan Lemparan ke Dalam yang Mematikan: 2 dari Indonesia & 2 Wanita!

Friko Simanjuntak • 26 September 2022 15:31
Jakarta: Dalam sepak bola, momen lemparan ke dalam umumnya bukanlah sesuatu yang dianggap membahayakan. Tidak seperti tendangan bebas atau sepak pojok. Tapi bagi sebagian pemain, lemparan ke dalam justru menjadi senjata utama untuk menghadirkan petaka bagi tim lawan.
 
Dalam sejarahnya, kita sudah melihat beberapa pesepak bola yang punya keahlian khusus terutama ketika melakukan lemparan ke dalam. Mereka memiliki lemparan yang jauh dan kencang sehingga mirip seperti sebuah umpan silang. Tak jarang, lemparan ke dalam yang mereka lepaskan berbuah gol.
 
Tak perlu lama-lama lagi, di bawah ini kita akan merilis para pemain di dunia yang memiliki keahlian dalam melakukan lemparan ke dalam yang mematikan. Selain ada dari Indonesia, dalam daftar ini juga ada pemain wanita. Penasaran kan, yuk kita cek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


7 Pemain dengan Lemparan ke Dalam yang Mematikan

7. Matt Besler (Amerika Serikat)

Matt Besler (35) adalah mantan penggawa Timnas Amerika Serikat yang baru tahun lalu memutuskan pensiun. Selama kariernya, Besler bermain untuk Sporting Kansas City dan Austin FC di kompetisi MLS. Posisi bermainnya adalah bek kiri.
 
Besler merupakan salah satu pemain yang cukup ditakuti ketika mengeksekusi lemparan ke dalam. Lemparannya yang cukup kencang dan jauh kerap kali menjadi ancaman tersendiri bagi tim-tim di MLS. Bahkan, ia sempat membuat assist lewat lemparan ke dalam saat masih memperkuat Sporting Kansas City.

6. Christian Fuchs (Austria)

Christian Fuchs (36) merupakan bek kiri asal Austria yang namanya mulai dikenal luas ketika membantu Leicester City membuat kejutan besar di Liga Primer Inggris dengan tampil sebagai juara pada musim 2015-2016.
 
Selama kariernya, Fuchs juga dikenal memiliki kelebihan dalam hal melakukan lemparan ke dalam yang cukup jauh. Kendati lemparan ke dalam bukan merupakan senjata utamanya, namun Fuchs sempat membuat assist lewat lemparan ke dalam saat masih memperkuat klub Schalke 04 di kompetisi Bundesliga.

5. Robi Darwis (Indonesia)

Robi Darwis adalah pemain masa depan Indonesia yang kini tergabung di Timnas Indonesia U-19. Gelandang milik klub Persib Bandung itu namanya mulai melejit usai membantu Timnas U-19 lolos ke Piala Asia U-20 2023.
 
Salah satu aksi Robi yang membuat para pecinta sepak bola Indonesia terpukau adalah kemampuannya melepaskan lemparan ke dalam mematikan. Robi bahkan sukses mencatatkan assist lewat lemparan ke dalam saat Timnas U-19 menaklukkan Timor Leste 4-0 pada babak kualifikasi Piala Asua U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, (14/9) lalu.
 
Sama seperti Pratama Arhan, Robi Darwis juga menjadi andalan pelatih Shin Tae-yong dalam situasi lemparan ke dalam.

4. Rory Delap (Inggris)

Rory Delap (46) adalah salah satu pemain yang menjadi pelopor strategi lemparan jarak jauh di kompetisi Liga Primer Inggris. Terutama saat ia bermain untuk Stoke City. Lemparan ke dalamnya kerap menjadi malapetaka buat lawan-lawannya.
 
Delap yang notabene mantan atlet lempar lembing ketika di SMA bahkan sampai dijuluki "Raja Lemparan Jauh". Rory Delap saat ini sudah berusia 46 tahun

3. Pratama Arhan (Indonesia)

Pratama Arhan merupakan senjata rahasia timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong. Bek kiri yang saat ini bermain di Jepang bersama Tokyo Verdy itu memiliki teknik lemparan jarak jauh yang sangat baik. Tak ayal, pelatih Shin Tae-yong selalu menjadikannya eksekutor dalam tiap momen lemparan ke dalam untuk Indonesia, baik itu di sisi kiri atau kanan permainan.
 
Sejauh ini, sudah banyak lawan Timnas Indonesia yang menjadi korban dari lemparan ke dalam Arhan. Terkini, giliran Curacao yang jadi korban lemparan mematikan Arhan. Lemparan jarak jauhnya berhasil ditanduk Fachrudin Aryanto di muka gawang dan membantu Timnas Indonesia menang 3-2 atas Curacao pada laga uji coba internasional di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (24/9).

2. Simone Kolander (Amerika Serikat)

Teknik melakukan lemparan ke dalam jarak jauh ternyata tidak hanya dimiliki oleh pesepak bola pria. Ada juga pemain wanita yang mampu melakukannya. Salah satunya adalah Simone Kolander.
 
Penyerang tim Universitas Minnesota itu sukses melakukan lemparan ke dalam mematikan saat timnya menang 3-1 atas Ohio State pada 2015 lalu. Lemparan ke dalamnya yang melambung ke arah gawang, gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper lawan sehingga bola yang gagal ditangkapnya justru meluncur masuk ke gawang sendiri.
 
Simone Kolander yang saat ini berusia 28 tahun pernah memperkuat klub professional putri seperti Sparta Praha dan HK Vikingur di Islandia pada 2019.

1. Megan Campbell (Republik Irlandia)

Inilah pemain dengan lemparan ke dalam paling mematikan di dunia, Megan Campbell. Selain ia adalah seorang wanita, Megan pernah mencatatkan dua assist yang berbuah gol lewat lemparan ke dalam dalam satu pertandingan. Hebat bukan?
 
Megan Campbell adalah bek yang bermain untuk klub Manchester City. Pada 2017 silam, tampil memperkuat negaranya, Republik Irlandia melawan Irlandia Utara pada babak kualifikasi Piala Dunia. Dan dia menjadi aktor utama di balik kemenangan 2-0 Republik Irlandia.
 
Yang membuat namanya jadi sorotan kala itu, Megan membuat assist dengan aksi lemparan ke dalam jarak jauh yang mematikan.  Tak hanya sekali, ia dua kali melakukan hal tersebut dan lemparan ke dalam yang berbuah gol itu dilakukan dari kedua sisi lapangan.
 
Lemparan ke dalam ternyata memang menjadi spesialisasi Campbell. Ia pun kerap melakukannya dan memberikan assist berbuah gol ketika bermain untuk klubnya, Manchester City.
 
“Untungnya, lengan saya cukup fleksibel sehingga dapat bergerak lebih jauh ke belakang daripada rata-rata orang,” jelas Campbell soal bagaimana ia bisa melakukan lemparan ke dalam yang cukup jauh.
 
 
 
(ASM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif