Alexandre Polking-Foto Istimewa
Alexandre Polking-Foto Istimewa

Leg 1 Final Piala AFF: 2022

Seru! Duel Vietnam vs Thailand Berakhir Imbang 2-2

Rizki Yanuardi • 13 Januari 2023 21:53
Hanoi: Epic comeback luar biasa Tim Nasional Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2022 menghadapi tuan rumah Timnas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat 13 Januari 2023 malam WIB, nyaris membuat pasukan Park Hang-seo malu di hadapan puluhan ribu pendukungnya.
 
Sempat tertinggal 1-0 di babak pertama, Thailand sukses mencetak dua gol di babak kedua, sekaligus membalikkan keadaan menjadi 1-2. Namun, di saat laga tersisa 3 menit, pemain pengganti Vu Van Thanh memupuskan kemenangan Thailand yang sudah di depan mata. Laga final seru dipertotonkan kedua tim.
 
Sejak kick-off, Vietnam lebih berinisiatif dan Thailand lebih sabar bermain. Tuan rumah lebih berinisiatif menyerang dan sejumlah peluang didapat anak-anak The Golden Star Warriors, julukkan Vietnam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peluang berbahaya sempat diperoleh Pham Tuang Hai pada menit 9. Namun bola masih tipis menyamping di gawang Thailand. Selanjutnya upaya Ho Tan Tai juga masih belum tepat sasaran.
 
Para pemain Thailand yang pada ajang kali ini tak diperkuat sejumlah pemain topnya, seperti Chanatip Songkrasin dan Supachok Sarachat, tetap tampil tenang dan percaya diri.
 
Kegigihan Vietnam berbuah gol. Umpan Que Ngoc Hai disambut sundulan Nguyen Tien Linh pada menit 24 dan mengubah keadaan. Skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam. Pencetak dua gol ke gawang Indonesia itu berada di daftar top skor dengan 6 gol bersama Teerasil Dangda.
 
Tertinggal, pertandingan menjadi lebih terbuka untuk kedua tim. Nguyen Tien Lien bahkan sempat mencetak gol kedua pada menit 30. Sayang wasit melihatnya terjadi pelanggaran terlebih dulu kepada kiper Kampon sehingga gol dianulir.
 
Thailand sempat membalas dua kali lewat Peeradol. Namun bola masih diblok bek Vietnam dan digagalkan kiper Vietnam Dang Van Lam dan hanya menghasilkan sepak pojok.
 
Menit 39, sempat terjadi insiden antarpemain. Bek Vietnam Ngoc Hai terlihat mendorong kapten Thailand Theerathon saat terjadi handsball dekat kotak penalti.
 
Theeraton yang mengambil freekick nyaris membuat skor menjadi sama kuat. Sayang, bola tendangan keras kaki kirinya hanya mengenai mistar gawang.
 
Di sisa waktu, tak ada gol tercipta. Vietnam lebih memiliki banyak peluang. Namun Thailand di babak pertama ini juga mampu mengimbangi permainan tuan rumah.
 
Babak kedua, Thailand mulai bermain lebih menyerang dari tuan rumah. Hasilnya, Poramet Ajvirai sukses mencetak gol balasan pada menit 48. Berawal dari umpan panjang Theeraton ke kotak penalti Vietnam, Poramet sukses menguasai bola. Sekali keeping dan melepaskan tendangan keras, bola masuk ke gawang Van Lam yang tidak bereaksi. Skor menjadi 1-1.
 
Pertandingan menjadi lebih hidup lagi. Thailand sukses mencetak gol di kandang Vietnam, menjadi keuntungan saat leg kedua nanti. Pemain Vietnam mulai ngotot untuk menjadikan keunggulan agregat lagi.
 
Asyik ingin menyerang, tiba-tiba Theeraton kembali menjadi kreator gol kedua Thailand. Dengan kejeliannya, kapten Thailand itu memberikan truepass kepada Peeradol yang lolos dari jebakan offside. Dengan tenang, Peeradol sukses melepaskan tendangan tanpa bisa dihalau Van Lam. Skor 1-2 pada menit 64 dan Thailand berbalik unggul.
 
Janji Park Hang-seo untuk membayar utang kekalahan dari Thailand di semfinal Piala AFF 2020, hampir gagal menjadi kenyataan. Epic comeback luar biasa dari tim Gajah Perang cukup mengejutkan tuan rumah Vietnam.
 
Vu Van Thanh akhirnya menyelamatkan tuan rumah dari kekalahan menit 87. Berawal dari sepak pojok, bola dihalau Kampon. Tapi bola jatuh di kaki Van Hau yang memberikan umpan kepada Vu Van Thanh. Tendangan keras kaki kanannya menerobos masuk ke pojok gawang Kampon. Skor menjadi 2-2 untuk kedua tim.
 
Hingga laga usai, tak ada lagi gol tercipta. Skor 2-2 menjadi hasil akhir. Kedua tim kembali akan bersua pada leg kedua final di Stadion Tammasat, Senin 16 Januari 2023 pekan depan. Keuntungan ada di pihak Thailand. Mereka memiliki gol tandang cukup baik. Cukup imbang 0-0 dan 1-1 mereka akan juara.  
 
Hanya saja perlu diingat, Vietnam saat juara di tahun 2008 pernah mengalahkan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, dengan skor 1-2. Sebelumnya di Hanoi, kedua tim bermain imbang 1-1. Laga seru akan kembali tersaji pastinya. Siapa lebih jago? Thailand atau Vetnam? Layak dinantikan.
 
Susunan pemain:
Vietnam (5-3-2):
Dang Van Lam; Do Duy Manh (Hoang Viet 57'), Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai; Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Quang Hai (Nguyen Van Quyet 79'), Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung; Nguyen Tien Linh, Pham Tuan Hai (P Van Duc 57'). Pelatih Park Hang-seo
 
Thailand (4-5-1): Kampon Phatomakkakul; Suphanan Bureerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakhon; Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Peeradol Chamrasamee, Weerathep Pomphun; Adisak Kraisorn (Ekanit 73'), Poramet Arjvirai. Pelatih: Alexandre Polking.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif