Evan Dimas. (Foto: ANTARA/HO-Bhayangkarasolofc.id)
Evan Dimas. (Foto: ANTARA/HO-Bhayangkarasolofc.id)

Evan Dimas Jadi Kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Olahraga timnas indonesia piala aff Shin Tae-yong
Alfa Mandalika • 08 Desember 2021 20:00
Jakarta: Arsitek Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan gelandang klub Bhayangkara FC Evan Dimas akan menjabat sebagai kapten skuat Garuda di Piala AFF 2020.
 
"Kapten tim ini adalah Evan Dimas dan wakil kapten Asnawi (Asnawi Mangkualam Bahar)," ujar Shin dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu.
 
Shin menegaskan tak ada keraguan dalam dirinya menunjuk Evan sebagai kapten meski hal tersebut akan menjadi yang perdana bagi pesepak bola berusia 26 tahun itu di Piala AFF.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Evan Dimas sudah ditetapkan sebagai kapten timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong saat berkompetisi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan "play-off" Kualifikasi Piala Asia 2023.
 
Dan, dari sisi pengalaman, Evan bisa dikatakan menjadi sosok dengan jam terbang tertinggi di skuat Garuda saat ini.
 
Dia sudah tampil untuk timnas Indonesia sejak Piala AFF 2014, memperkuat timnas di SEA Games 2015, 2017 dan 2019 serta membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 pada 2013.
 
Evan juga tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia U-22 dan berbagai turnamen internasional lain.
 
Shin Tae-yong pun mantap dengan pilihannya menugaskan Asnawi, yang baru berumur 22 tahun, untuk mendampingi Evan.
 
Padahal, dalam skuat Indonesia di Piala AFF 2020, ada beberapa pemain yang lebih senior dari pada mereka berdua, sebut saja Fachruddin Aryanto (32 tahun) dan Victor Igbonefo (36 tahun).
 
Sang juru taktik asal Korea Selatan itu memang memercayakan banyak pemain muda di Piala AFF 2020. Dari 30 pemain yang dipanggilnya, setengah di antaranya berusia di bawah 23 tahun.
 
"Saya mau mengganti generasi tim nasional Indonesia. Dan dalam prosesnya, saya merasa para pemain menunjukkan perkembangan yang semakin baik, dari segi mental maupun pengalaman," tutur Shin.
 
Di Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura, Indonesia bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos.
 
Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya di Piala AFF 2020 dengan menghadapi Kamboja, Kamis (9/12), di Stadion Bishan, Singapura.
 
Grup B Piala AFF 2020 sendiri sudah melangsungkan dua pertandingan, yaitu Malaysia kontra Kamboja dan Vietnam versus Laos. Malaysia menang dengan skor 3-1 dan Vietnam menaklukkan lawannya 2-0.
 
Malaysia pun menjadi pemimpin klasemen sementara Grup B, lalu disusul Vietnam. Adapun posisi terbawah dihuni Laos. Di atasnya ada Kamboja dan, satu-satunya tim yang belum berlaga di grup itu, Indonesia.
 
(ASM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif