Pele (tengah). (Foto: AFP/Gerard Malie)
Pele (tengah). (Foto: AFP/Gerard Malie)

10 Kelakuan Aneh Pesepak Bola yang Bikin Geleng-geleng (Bagian 2 - Habis)

Friko Simanjuntak • 10 Agustus 2022 14:35
Jakarta: Sepak bola, yang dianggap oleh banyak orang sebagai permainan yang indah ternyata juga dipenuhi begitu banyak insiden aneh yang membuat kita geleng-geleng.
 
Dalam sepak bola, kita biasanya disuguhkan oleh atraksi olah bola yang ciamik dari para pemainnya dan juga gol-gol indah yang kerap terjadi. Karena itulah, sepak bola menjadi salah satu olahraga paling terkenal di dunia.
 
Namun, di balik keindahan yang disajikan para pemain dan pelaku lainnya di atas lapangan, kita harus menyadari bahwa pada akhirnya mereka semua adalah manusia yang kerap melakukan kesalahan atau hal-hal yang di luar logika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah 10 momen atau kelakuan aneh pesepak bola yang membuat orang geleng-geleng bagian 2.

5. Selamat dari Degradasi karena Seekor Anjing

Seekor anjing bernama Bryn mungkin satu-satunya hewan yang pernah dipuji karena menyelamatkan tim dari degradasi. Momen aneh itu terjadi pada 9 Mei 1987 atau di pekan terakhir Football League (kompetisi kasta kedua Liga Inggris).
 
Saat itu, Torquay United butuh hasil imbang untuk lolos dari jerat degradasi. Namun, asa para pemain dan pendukung Torquay sempat pudar lantaran mereka tertinggal 1-2 dari Crewe Alexandra saat pertandingan menyisakan beberapa menit.
 
Pada titik tersebut, para pemain Torquay terlihat mulai pesimistis mereka bisa tetap berlaga di Football League. Sampai akhirnya seekor anjing bernama Bryn mengubah peruntungan mereka.
 
Bryn merupakan anjing polisi yang berpatroli di pinggir lapangan bersama pawangnya. Entah karena alasan apa, tiba-tiba Bryn menggigit paha pemain Torquay, Jim McNichols. Insiden ini memaksa pertandingan dihentikan selama empat menit karena McNichols harus mendapatkan perawatan.
 
Ternyata aksi Bryn mengubah peruntungan Torquay United. Setelah laga kembali dilanjutkan, Torquay yang sebelumnya dalam posisi buntu, berhasil mencetak gol penyeimbang melalui Paul Dobson pada menit-menit akhir pertandingan. Skor 2-2 membuat Torquay selamat dari degradasi.
 
Bukan Paul Dobson, ternyata yang dianggap sebagai pahlawan pada laga itu adalah Bryn si anjing. Sebagai bentuk penghormatan, pihak Torquay United memajang foto Bryn di ruang rapat mereka untuk mengingat momen aneh nan bersejarah tersebut.

4. Menolak Penalti Demi Cinta

Roberto Baggio jadi sorotan utama saat untuk pertama kalinya kembali ke merkas Fiorentina setelah kepindahannya ke Juventus. Laga Serie A antara Fiorentina vs Juventus pada 6 April 1991 itu mungkin tidak akan pernah dilupakan Baggio.
 
Itu adalah kali pertama ia kembali ke Artemio Franchi setelah presiden klub Fiorentina menjualnya ke Juventus. Kepindahan Baggio yang merupakan ikon klub tentu menyulut kemarahan fan Fiorentina, bahkan sampai memicu kerusuhan di Florence.
 
Fan yang kecewa akhirnya menumpahkan emosinya kepada Baggio saat memperkuat Juventus melawan Fiorentina. Sepanjang pertandingan, Baggio terus disoraki setiap kali memegang bola.
 
Momen yang paling krusial terjadi pada menit ke-51. Aksi Baggio saat menusuk ke jantung pertahanan Fiorentina membuahkan hadiah penalti bagi Juventus. Saat itu, Juve dalam posisi tertinggal 0-1 setelah sebelumnya Diego Fuser membawa La Viola unggul.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif