Paul Pogba (kiri) dan Angel Di Maria. (Foto: AFP/Frederic J. Brown)
Paul Pogba (kiri) dan Angel Di Maria. (Foto: AFP/Frederic J. Brown)

Musim Baru Mulai, 5 Pemain Bintang Ini Sudah Absen Membela Klub Barunya

Friko Simanjuntak • 25 Agustus 2022 11:07
Jakarta: Bursa transfer merupakan momen bagi klub untuk memperkuat dan membangun kembali skuatnya. Pada bursa transfer pemain musim panas 2022 -- 2023 ini sudah banyak pemain yang berpindah klub, baik itu untuk memulai petualangan baru atau kembali ke klub lamanya.
 
Namun, tidak ada transfer yang dijamin sukses, bahkan untuk pemain terbaik, karena cedera yang waktunya tidak tepat, dapat menghilangkan semua optimisme yang dihasilkan oleh penandatanganan di bursa transfer.
 
Menyimak apa yang terjadi pada bursa transfer musim panas 2022 -- 2023 sejauh ini, Juventus bisa dibilang jadi klub yang paling merugi lantaran beberapa pemain baru mereka sudah harus absen lantaran cedera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Juventus bukan satu-satunya klub yang harus menerima fakta pemain barunya tidak bisa langsung memberikan kontribusinya pada musim 2022 -- 2023 yang baru berjalan sekitar dua atau tiga pekan.

Berikut, 5 pemain yang sudah harus absen membela klub barunya karena cedera:

5. Nayef Aguard (West Ham)

West Ham harus merogoh kocek cukup dalam, yakni 31 juta euro saat mendatangkan Nayef Aguard dari Rennes pada bursa transfer musim panas ini. Sayangnya, para penggemar West Ham harus bersabar untuk melihat aksi bek internasional Maroko itu beraksi di lapangan.
 
Nayef Aguard sejatinya sempat tampil untuk West Ham, yakni saat melakoni laga uji coba pramusim menghadapi Rangers pada 20 Juli lalu. Pada pertandingan yang akhirnya dimenangkan Rangers 3-1 itu, Nayef terlihat tidak nyaman dalam bermain.
 
Menurut hasil pemeriksaan, Nayef Aguard divonis mengalami cedera kaki yang cukup parah sehingga harus naik meja operasi. Dalam laporan terbaru dari kubu West Ham, bek 26 tahun itu sudah menjalani operasi, namun harus absen setidaknya selama satu bulan.
 
Absennya Nayef Aguard yang diharapkan bisa memperkokoh lini pertahanan, ternyata cukup berdampak pada performa West Ham di Liga Primer Inggris 2022 -- 2023. Dari dua laga yang sudah dilakoni, West Ham harus menelan kekalahan dan saat ini terjerembab di dasar klasemen sementara.

4. Angel Di Maria (Juventus)

Angel Di Maria sempat menyembulkan optimisme di kubu Juventus yang mendatangkannya secara gratis dari Paris Saint Germain pada bursa transfer musim panas ini. Winger internasional Argentina itu tampil mengesankan pada pekan pertama Liga Italia Serie A, pekan lalu.
 
Dalam debutnya, Angel Di Maria langsung jadi aktor utama di balik kesuksesan Juventus menaklukkan Sassuolo dengan skor telak 3-0. Ia mencetak satu gol dan menyumbang satu assist dalam pertandingan tersebut.
 
Sayangnya, Di Maria hanya mampu bermain selama 66 menit pada pertandingan tersebut. Menurut hasil pemeriksaan tim medis, Di Maria mengalami masalah pada kaki kirinya dan harus absen setidaknya 10 hari.
 
Tanpa kehadiran Di Maria, Juventus gagal melanjutkan tren positif pada pekan pertama. Bianconeri dipaksa bermain imbang 0-0 saat bertandang ke markas Sampdoria pada pekan kedua Liga Italia Serie A 2022 -- 2023, Selasa (23/8) dini hari WIB.

3. Clement Lenglet (Tottenham)

Clement Lenglet didatangkan Tottenham Hotspur dari Barcelona pada bursa transfer musim panas ini dengan status pinjam selama satu musim. Lenglet diproyeksikan jadi andalan di jantung pertahanan Spurs bersama Eric Dier dan Cristian Romero.
 
Sayangnya, harapan pelatih Antonio Conte tidak berjalan sesuai rencana. Lenglet hanya bermain pada lima menit terakhir saat Spurs melakoni laga pembuka Liga Primer Inggris melawan Southampton.
 
Setelah itu, bek asal Prancis tersebut tak pernah lagi dimainkan Conte. Lenglet absen saat Spurs bermain imbang 2-2 lawan Chelsea dan menang tipis 1-0 atas Wolverhampton pada pekan ketiga, akhir pekan kemarin.
 
Kubu Tottenham tidak menjelaskan secara detail masalah apa yang dialami Lenglet. Sementara itu, Conte hanya mengatakan Lenglet mengalami masalah minor pada ototnya. Namun, pelatih asal Italia itu tidak bisa memastikan kapan Lenglet bisa tampil untuk klub barunya.

2. Sebastian Haller (Borussia Dortmund)

Sebastian Haller direkrut Borussia Dortmund dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas ini dengan mahar 31 juta euro. Penampilan gemilangnya yang mencetak 34 gol untuk Ajax musim lalu diyakini bisa menghapus rasa kehilangan Dortmund terhadap Erling Haaland yang hengkang ke Manchester City.
 
Sayang, harapan tinggal harapan. Haller hingga kini belum bisa tampil membela Dortmund lantaran harus menjalani kemoterapi usai operasi tumor testis yang dijalaninya awal Juli lalu.
 
Tidak dijelaskan secara pasti berapa lama waktu pemulihan Haller. Pihak Borussia Dortmund hanya memastikan bahwa penyerang 28 tahun itu akan absen selama beberapa bulan.

1. Paul Pogba (Juventus)

Kembali ke Juventus dengan harapan bisa mengakhiri rasa frustrasi usai gagal menampilkan performa gemilang di Manchester United, Paul Pogba justru menjadi "beban" tersendiri bagi Juventus yang menampungnya secara gratis pada musim panas ini.
 
Pogba sejatinya kembali ke Turin dengan kondisi fisik yang tidak bermasalah. Ia sempat tampil memperkuat Juve di laga ujicoba pramusim melawan Guadalajara, 23 Juli lalu. Ia bermain satu babak di pertandingan yang dimenangi Juve dengan skor 2-0 itu.
 
Sialnya, Pogba justru mengalami cedera saat menjalani sesi latihan pramusim. Gelandang 29 tahun itu punya masalah pada bagian meniskus lateral pada lutut kanannya.
 
Awalnya, cedera itu dinilai tidak serius. Namun setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut, ternyata cedera itu lebih serius dari dugaan awal. Pogba bahkan disarankan untuk naik ke meja operasi yang kemungkinan bakal membuatnya absen cukup lama, termasuk absen di Piala Dunia 2022.
 
Pogba akhirnya tidak mengambil opsi naik meja bedah dan memilih jalan lain untuk memulihkan cederanya. Kendati bisa pulih lebih cepat ketimbang operasi, Pogba tetap harus absen membela Juventus setidaknya hingga pertengahan September nanti.
 
Selain absen di beberapa laga pramusim, Pogba juga tidak bisa memperkuat Juventus pada dua laga awal kompetisi Liga Italia Serie A musim 2022 -- 2023, di mana Bianconeri mencatatkan satu kemenangan (atas Sassuolo) dan satu imbang (melawan Sampdoria).
 
(ASM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif