Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong (kanan). (Foto: ANTARA/Michael Siahaan)
Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong (kanan). (Foto: ANTARA/Michael Siahaan)

Piala AFF U-19

Usai Bantai Brunei, Timnas U-19 tetap Benahi Performa

Kautsar Halim • 05 Juli 2022 00:01
Bekasi: Pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa skuadnya masih perlu berbenah seusai menundukkan Brunei Darussalam dengan skor telak 7-0 pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin 4 Juli malam WIB.
 
Menurut Shin, para penggawa timnas U-19 menunjukkan beberapa kelemahanan dalam pertandingan, khususnya setelah mengganti beberapa pemain pada babak kedua. Saat itu, Garuda Nusantara tidak produktif mencetak gol seperti babak pertama .  
 
"Pada babak kedua, setelah pergantian pemain, organisasi kami tidak seperti babak sebelumnya. Selain itu, konsentrasi juga menurun," ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut seusai laga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Timnas U-19 sejatinya mampu mencetak enam gol pada babak pertama. Kemudian usai jeda, Shin mengganti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Arkhan Fikri, Kakang Rudianto dan Hokky Caraka untuk memberi kesempatan kepada pemain lain. 
 
Sayangnya, kepercayaan yang diberikan Shin gagal dimaksimalkan para pemain pengganti karena hanya terdapat tambahan satu gol saja dari Alfriyanto Nico di sepanjang babak kedua. Padahal menurut Shin, tidak ada pemain inti atau cadangan dalam skuad Garuda Nusantara.
 
"Secara kualitas, semua pemain sama. Tidak ada pemain yang bagus atau jelek di tim. Itulah kenapa di sini tidak ada pemain inti atau cadangan," tutup mantan pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.
 
Hasil pertandingan ini membuat timnas U-19 naik ke posisi dua klasemen sementara Grup A dengan koleksi 4 poin, tapi hanya unggul selisih gol dengan Vietnam. Sementara itu, Brunei makin terpuruk di dasar klasemen tanpa memiliki poin dan sudah kebobolan 14 gol dari dua laga yang telah dilakoni.
 
Selanjutnya pada laga ketiga Grup A, Rabu 6 Juli, timnas U-19 bakal bentrok dengan lawan berat Thailand yang sedang berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 6 poin. Tambahan tiga poin tentu wajib didapat Garuda Nusantara pada laga tersebut guna memperbesar asa lolos dari fase grup.
 
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif