Selebrasi gol para pemain timnas Vietnam ketika menghadapi Vietnam pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2022. (Foto: affmitsubishielectriccup.com)
Selebrasi gol para pemain timnas Vietnam ketika menghadapi Vietnam pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2022. (Foto: affmitsubishielectriccup.com)

Piala AFF 2022: Singapura Tekuk Laos, Vietnam Bantai Malaysia

Kautsar Halim • 27 Desember 2022 22:11
Jakarta: Timnas Singapura dan Vietnam sama-sama meraup tiga poin dari laga kedua Grup B Piala AFF 2022, Selasa 27 Desember. Itu terjadi setelah Singapura menaklukkan Laos, sedangkan Vietnam menundukkan Malaysia.  
 
Tampil lebih dulu pada sore hari WIB di Stadion Nasional KM16, Vientiane, The Lions sukses menaklukkan tuan rumah dengan skor 2-0. Pertandingan sejatinya berlangsung ketat, tapi Laos kurang mantap dalam penyelesaian akhir.
 
Irfan Fandi baru bisa membuka keunggulan Singapura ketika menanduk umpan tendangan bebas Zulfahmi Arifin pada menit ke-32. Setelah itu, gol kedua The Lions dicetak oleh Shawal Anuar pada menit 90+4. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil pertandingan membuat Singapura berada di urutan tiga klasemen sementara dengan koleksi 6 poin dan hanya kalah selisih gol dengan Malaysia serta Vietnam yang berada di atasnya. Sementara itu, Laos makin terpuruk sebagai juru kunci karena belum memiliki poin dari tiga laga yang telah dilakoni. 
 
Beralih pada laga berikutnya, terdapat Vietnam yang sukses membantai Malaysia dengan skor 3-0 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada malam hari WIB. Jalannya pertandingan tidak kalah menarik dan sempat diwarnai hukuman satu kartu merah untuk masing-masing tim.
 
Vietnam harus bermain dengan 10 pemain terlebih dahulu setelah Nguyen Van Toan I mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-32. Tapi sebelum itu terjadi, tuan rumah sudah unggul lebih dulu lewat gol Nguyen Tien Linh pada menit ke-28.
 
Bukannya memanfaatkan keuntungan jumlah pemain, Malaysia malah kebobolan lagi pada menit ke-64 gegara gol tendangan penalti Que Ngoc Hai. Sebelumnya, wasit menunjuk titik putih karena Azam Azmi melakukan pelanggaran di kotak terlarang dan dia pun langsung diganjar kartu merah.
 
Situasi 10 lawan 10 membuat tuan rumah lebih leluasa lagi untuk menyerang hingga akhirnya mereka bisa mencetak gol cantik lewat Nguyen Hoang Duc yang menuntaskan umpan tanpa melihat Nguyen Quang Hai pada menit ke-83. Dengan begitu, The Golden Star Warriors menang dengan skor 3-0.
 
Hasil laga membuat persaingan Grup B makin ketat karena Vietnam jadi berada di pucuk klasemen sementara dengan koleksi 6 poin dan hanya unggul selisih gol (+9) dengan Malaysia serta Singapura yang berada di bawahnya. Kemudian, Malaysia hanya memiliki satu jatah laga lagi dan itu pun melawan Singapura.

 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif