Andre Onana. (Foto: AFP/Issouf Sanogo)
Andre Onana. (Foto: AFP/Issouf Sanogo)

Gara-gara Ribut dengan Pelatih, Kiper Timnas Kamerun Dicoret

Friko Simanjuntak • 29 November 2022 16:10
Lusail: Ada pemandangan yang tidak biasa dari skuat Timnas Kamerun saat berhadapan dengan Serbia pada laga kedua Grup G Piala Dunia 2022, Senin (28/11) sore. Kamerun tampil tanpa kiper andalannya, Andre Onana. Apa dia cedera?
 
Onana, kiper Inter Milan yang jadi andalan Kamerun saat kalah 0-1 dari Swiss pada laga pertama tidak dimainkan pelatih Rigobert Song pada laga melawan Serbia. Mantan bintang Timnas Kamerun ini malah memilih kiper keduanya, Devis Rogers Epassy Mboka.
 
Lantas, apa alasan Song memutuskan memainkan Epassy ketimbang Onana? Ternyata alasannya bukan karena cedera, tapi karena tindakan indisipliner sang pemain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pakar transfer Italia, Fabrizio Romano membenarkan isu di atas. Lewat cuitannya di akun twitternya, Romano menyebut bahwa Onana dikeluarkan dari skuat Timnas Kamerun karena tidak mau bermain sesuai arahan pelatih. Menariknya, keputusan mendepak Onana dari skuat diambil Song hanya satu jam jelang laga melawan Serbia.
 
Perselisihan antara Onana dan Song dipicu oleh ketidakcocokan gaya bermain yang diusung Onana dengan maunya Song. Kiper Inter Milan itu dikenal sebagai kiper yang kerap keluar dari sarangnya dan langsung memberikan umpan ke depan. Sementara Song tidak ingin para pemainnya bermain dengan cara seperti itu. Song ingin para pemainnya membangun Onana.
 
Sebagai bentuk kekecewaannya, Song akhirnya mengeluarkan Onana dari skuat Kamerun di Piala Dunia 2022.Tak hanya absen di laga melawan Serbia yang berakhir dengan skor imbang 3-3, Onana juga dilaporkan tidak akan lagi tampil di Piala Dunia 2022.
 
Menurut informasi dari wartawan Spanyol Helena Condis, kabar perselisihan antara Onana dan Song sudah sampai ke telinga Presiden Federasi Sepak Bola Kamerun yakni Samuel Eto’o. Sayangnya, upaya eks bintang Barcelona itu untuk mendamaikan keduanya gagal membuahkan hasil. Onana tetap dikeluarkan dari Timnas Kamerun.
 
Keputusan Song untuk mengeluarkan Onana dari timnas Kamerun sempat mendapat kecaman. Pasalnya, Onana adalah salah satu bintang yang dimiliki Kamerun dan penampilannnya bersama Inter di musim ini pun terbilang cukup bagus.
 
Sayang, nasi sudah menjadi bubur. Onana harus melupakan impiannya bermain di Piala Dunia. Sementara itu, pelatih Rigobert Song sudah memiliki kiper lain yakni Devis Epassy, pemain berusia 29 tahun yang bermain untuk klub Arab Saudi Abha Club.
 
Namun, penampilan Espassy sejauh ini belum cukup meyakinkan lantaran gawangnya tiga kali dibobol oleh pemain Serbia. Selanjutnya, Espassy akan menghadapi ujian yang lebih berat, yakni saat menghadapi Kamerun berhadapan dengan Brasil pada laga  pamungkas Grup G Piala Dunia 2022.
 
Kamerun untuk sementara menempati posisi tiga klasemen Grup G dengan raihan satu poin (unggul selisih gol dari Serbia yang sama-sama mengoleksi satu angka).Sementara itu, Swiss (3 poin) ada di posisi dua, dan Brasil sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar usai meraih dua kemenangan.
 
Jadwal Pertandingan Piala Dunia Qatar 2022
Gara-gara Ribut dengan Pelatih, Kiper Timnas Kamerun Dicoret
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
 
(ASM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif