Antony Matheus dos Santos. (MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP)
Antony Matheus dos Santos. (MAURICE VAN STEEN / ANP / AFP)

Daftar 9 Pemain Termahal di Bursa Transfer Musim Panas Ini

Friko Simanjuntak • 03 September 2022 09:32
Jakarta: Seperti yang kerap terjadi, bursa transfer musim panas 2022/2023 juga menghadirkan sejumlah perekrutan-perekrutan besar. Lalu, siapakah pemain yang mencatatkan rekor sebagai pemain termahal di bursa transfer musim panas ini?
 
Jawabannya adalah Antony Matheus dos Santos. Winger asal Brasil ini diboyong Manchester United dari Ajax Amsterdam pada detik-detik akhir bursa transfer musim panas dengan mahar 95 juta euro atau setara Rp1,4 triliun.
 
Ajax bisa dibilang mendapat untung besar setelah melepas Antony ke MU dengan banderol nyaris 100 juta euro. Pasalnya, menurut analisis dari Transfermarkt, harga pasaran pemain berusia 22 tahun tersebut ada di kisaran 35 juta euro (sekitar Rp519 miliar).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain Antony, manajemen Manchester United juga harus menggelontorkan dana besar untuk meminang gelandang Real Madrid, Casemiro. Dengan mahar lebih dari 70 juta euro (sekitar Rp1 triliun), Casemiro jadi pemain termahal ke-5 di bursa transfer musim panas ini.
 
Secara umum, klub-klub Liga Inggris punya andil besar dalam daftar pemain termahal di bursa transfer musim panas ini. Selain MU, Chelsea juga memasukkan dua rekrutan anyarnya dalam daftar daftar pemain termahal di bursa transfer musim panas ini.
 
Pembelian termahal The Blues di musim panas ini adalah Wesley Fofana, bek tengah berusia 21 tahun yang didatangkan dari Leicester City jelang ditutupnya bursa transfer musim panas ini. Chelsea menggelontorkan dana lebih dari 80 juta euro (sekitar Rp1,1 triliun) untuk mendapatkan tanda tangan bek berdarah Prancis-Pantai Gading itu.
 
Satu lagi perekrutan besar Chelsea di musim panas ini adalah Marc Cucurella yang dibeli dari Brighton & Hove Albion. Untuk menuntaskan transfer Cucurella, Chelsea bahkan berani menggelontorkan dana 65 juta euro (sekitar Rp963 miliar) dan menjadikan pemain asal Spanyol sebagai bek kiri termahal di dunia.
 
Sementara itu, Manchester City yang biasanya jor-joran dalam membeli pemain, kali ini bermanuver dengan “pintar” di bursa transfer. Pembelian besar The Citizens pada musim panas ini adalah Erling Haaland yang diboyong dari Borussia Dortmund dengan mahar 60 juta euro (sekitar Rp889 miliar).
 
City bisa dibilang beruntung mendapatkan Haaland dengan harga 60 juta euro. Sebab, Transfermarkt memprediksi nilai jual Haaland bisa mencapai 150 juta euro (sekitar Rp2,2 triliun). Keputusan “pintar” City dalam merekrut Haaland setidaknya sudah cukup terbukti dengan penampilan mengesankan penyerang asal Norwegia itu di awal musim ini. Haaland sudah mencetak 9 gol hanya dalam lima pertandingan Liga Primer Inggris musim ini.
 
Di luar klub Inggris, Real Madrid dan Bayern Munich adalah dua klub yang menempatkan pemain barunya dalam daftar pemain termahal di bursa transfer musim panas ini. Real Madrid merogoh kocek 80 juta euro (Rp1,1 triliun) untuk merekrut gelandang muda Prancis Aurelien Tchuameni dari AS Monaco, sedangkan Bayern mengeluarkan dana 67 juta euro (sekitar Rp993 miliar) untuk mendapatkan tanda tangan bek Juventus, Matthijs de Ligt.  
 
Berikut daftar 9 pemain termahal di bursa transfer musim panas 2022/2023 menurut data Transfermarkt:
 
1. Antony (dari Ajax Amsterdam ke Manchester United) – 95 juta euro (sekitar Rp1,408 triliun)
2. Wesley Fofana (dari Leicester City ke Chelsea) – 80,4 juta euro (sekitar Rp1,192 triliun)
3. Aurelien Tchuameni (dari AS Monaco ke Real Madrid) – 80 juta euro (sekitar Rp1,186 triliun)
4. Darwin Nunez (dari Benfica ke Liverpool) – 75 juta euro (sekitar Rp1,112 triliun)
5. Casemiro (dari Real Madrid ke Manchester United) – 70,65 juta euro (sekitar Rp1,047 triliun)
6. Alexandre Isak (Real Sociedad ke Newcastle United) – 70 juta euro (sekitar Rp1,037 triliun)
7. Matthijs de Ligt (dari Juventus ke Bayern Munich) – 67 juta euro (sekitar Rp993 miliar)
8. Marc Cucurella (dari Brighton ke Chelsea) – 65,3 juta euro (sekitar Rp968 miliar
9. Erling Haaland (dari Borussia Dortmund ke Manchester City) – 60 juta euro (sekitar Rp889 miliar)
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif