Ilustrasi Istimewa
Ilustrasi Istimewa

Final Piala AFF U-16 2022

Tekuk Vietnam, Indonesia Juara Piala AFF U-16

rizkiyanuardi • 12 Agustus 2022 21:57
Sleman: Gol tunggal Kafiatur Rizky di injury time babak pertama menjadi pembeda sekaligus mengantarkan Timnas Indonesia U-16 menjadi juara menjelang Hari Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Indonesia di laga final Piala AFF U-16 kontra Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat 12 Agustus 2022 malam.
 
Skor 1-0 menjadi skor akhir untuk keunggulan Indonesia U-16, sekaligus raihan kedua mengulang tahun 2018 silam. Tahun 2013, Indonesia juga ke final, namun kalah adu penalti lawan Malaysia ketika itu.
 
Menjadi juara di hadapan puluhan ribu penonton di Stadion Maguwoharjo, dan disaksikan ratusan juta rakyat Indonesia dari layar televisi atau live streaming, seakan menjadi kado terindah dipersembahkan Skuat Timnas U-16 jelang HUT ke 77 Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus mendatang.
 
Sejak peluit kick off ditiup wasit Xaipaseth Pongsanit dari Laos, di hadapan puluhan ribu penonton yang memadati Stadion Maguwoharjo, skuat Garuda Asia, julukkan Timnas Indonesia U-16 langsung menekan.
 
Bima Sakti yang menurunkan skuat hampir mirip saat kontra Myanmar, hanya minus dua pemain, Sultan Akbar dan Tegar Islami yang digantikan Figo dan Zidan, sepertinya langsung menginstruksikan pemainnya bertempur di laga final.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga jelang 10 menit, Indonesia mendominasi laga dan mendapat dua kali kesempatan dari situasi bola mati. Namun, Vietnam U-16 justru mendapat peluang lebih dahulu dari situasi tersebut pada menit 13. Beruntung sundulan pemain Vietnam bisa diamankan kiper Andrika Fathir.
 
Hingga menit ke 25, kedua tim masih sulit menembus pertahanan. Bola lebih banyak berkutat di lini tengah. Skema serangan balik cepat bisa menjadi opsi. Vietnam nyaris mencuri gol pada menit 34. Beruntung, sapuan pemain depan mereka tak sempurna mengenai bola.
 
Gol untuk Indonesia akhirnya tercipta pada masa injury time babak pertama. Berawal dari pergerakan Rizdjar di sisi kiri pertahanan Vietnam, Kafiatur yang mendapat kawalan di kotak penalti Vietnam, sukses mengarahkan bola ke pojok kanan gawang Pham Din dengan sepakan kaki kiri berkelas.
 
Babak kedua, tertinggal dari Timnas Indonesia U-16, skuat asuhan Nguyen Quoc Tuan langsung menekan skuat Garuda Asia di menit-menit awal.
 
Kengototan para pemain Vietnam kerap menimbulkan pelanggaran untuk skuat Garuda Asia. Sempat frustasi, kapten Vietnam mencoba peruntungan dari jarak jauh. Beruntung, bola masih diamankan Andrika Fathir.
 
Indonesia membalas pada menit 51. Sayang, umpan Kaka gagal dimanfaatkan dua pemain Indonesia U-16 yang sudah berdiri bebas di mulut gawang Pham Din. Skor 1-0 masih untuk keunggulan Skuat Garuda Asia.
 
Hingga laga berjalan satu jam, kedua kesebelasan silih berganti menyerang. Namun belum ada gol tambahan untuk Indonesia, maupun gol penyama kedudukan untuk Vietnam.
 
Sempat memanas usai aksi mendorong pemain Vietnam terhadap pemain Indonesia di pengujung laga.
 
Akhirnya, perjuangan tak kenal lelah pemain Indonesia mempertahankan keunggulan di tengah guyuran hujan tetap bertahan hingga laga usai. Indonesia juara usai mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0. Ini menjadi kado terindah untuk Bangsa Indonesia jelang perayaan  HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2022.
 
Berikut susunan pemain kedua kesebelasan:
Vietnam U-16:
1-Pham Din, 2-Nguyen Quoc,3-Vi Dhin, 4-Thang Long, 6-Nguyen Puong, 8-Le Duc, 13-Nguyen Trong, 15-HIang Son, 16-Le Dinh, 18-Phan Thien, 19-Nguyen Trun. Pelatih: Nguyen Quoc Tuan.
 
Indonesia U-16: 28-Andrika Fathir Rachman, 2-Rizdjar Subagja, 7-Figo Dennis, 8-Arkhan Kaka, 9-M Kafiatur Rizky, 14-Sulthan Zaky, 17-M Nabil Asyura, 19-Achmad Zidan, 20-Habil Akbar, 21-M Iqbal Gwijangge, 25-M Riski Afrisal. Pelatih: Bima Sakti Tukiman.
 
(RIZ)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif