Selebrasi penyerang timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, usai menjebol gawang Filipina (twitter: @PSSI)
Selebrasi penyerang timnas Indonesia, Dendy Sulistyawan, usai menjebol gawang Filipina (twitter: @PSSI)

Piala AFF

Tekuk Filipina, Indonesia Tetap Jadi Runner Up

Gregorius Gelino • 02 Januari 2023 21:37
Manila: Indonesia mendulang tiga angka ketika menghadapi Filipina dalam laga terakhir babak grup Piala AFF yang digelar Senin, 2 Januari. Indonesia menang tipis 2-1 atas Filipina.
 
Filipina yang tampil di depan pendukungnya sendiri mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Tapi tembakan Stephan Schrock dari luar kotak penalti bisa dibendung Nadeo Arga Winata.
 
Sempat tertekan, Indonesia perlahan bisa melewati pressing Filipina. Hasilnya, Indnonesia mampu memecah kebuntuan pada menit ke-21 setelah Dendy Sulistyawan menanduk umpan lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai unggul, Indonesia memegang penuh kendali permainan. Taip, Filipina mampu bertahan dengan baik dan menetralisir serangan Indonesia.
 
Indonesia baru bisa menggandakan skor dua menit jelang turun minum. Marselino Ferdinan menerima umpan Asnawi Mangkualam dan melakukan umpan satu dua dengan Saddil Ramdani untuk melepaskan diri dari kawalan pemain Filipina dan mendapat ruang tembak untuk menggetarkan gawang Filipina.
 
Indonesia terus menekan pertahanan Filipina sepanjang sisa waktu yang ada. Namun, skor 2-0 tetap bertahan hingga turun minum.
 
Filipina nyaris menyamakan skor pada menit ke-78 setelah bek Indonesia gagal mengantisipasi umpan silang pemain Filipina. Untungnya tembakan Sandro Reyes dari jarak dekat bisa diamankan Fadil.
 
Filipina akhirnya bisa memperkecil ketinggalan pada menit ke-83. Sundulan Sebastian Rasmussen memanfaatkan umpan silang Schrock tak mampu dijangkau Fadil.
 
Filipina kembali mendapat peluang pada masa injuty time akibat mengendurnya konsentrasi pemain belakang Indonesia. Untungnya tembakan jarak jauh pemain Filipina masih mengarah tepat ke pelukan Fadil.
 
Indonesia memiliki dua peluang tambahan jelang peluit panjang dibunyikan. Tapi usaha para pemain Indonesia belum membuahkan hasil dan skor 2-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.
 
Meski menang, Indonesia tertahan di posisi dua klasemen akhir grup A dengan 10 angka dari empat laga, kalah selisih gol dari Thailand yang mengalahkan Kamboja 3-1 pada laga lainnya.
 
Susunan pemain:
Filipina: Pinthus; Lyngbo (Bugas 80'), Aguinaldo, Tabinas, Menzi; Bias (Rasmussen 60'), Rontini, Hartmann (Reyes 60'), Minegishi (Nunez 74'); Schrock, Daniels (Melliza 80')
 
Indonesia: Nadeo (Fadil 24'); Asnawi, Ridho, Facruddin, Arhan; Klok, Marselino (Irianto 83'); Saddil (Egy 59'), Witan (Sayuri 59'), Kambuaya; Sulistyawan (Spasojevic 84')
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif